nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Bercerai, Wanita Lebih Bahagia Ketimbang Pria

Risda Nadiva, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 196 2017287 setelah-bercerai-wanita-lebih-bahagia-ketimbang-pria-D02xUPiVkh.jpg Wanita lebih bahagia setelah bercerai (Foto:Ist)

MARAKNYA kasus perceraian, membuat beberapa pasangan berusaha untuk mempertahankan hubungan rumah tangganya.

Namun, tidak sedikit pula pasangan baru atau telah lama hubungan pernikahannya kandas di tengah jalan. Meski demikian, menurut beberapa pasangan yang bercerai kehidupannya lebih terasa lega hingga ada pula yang nyesek. Terlepas dari itu, tiap pasangan yang telah menikah tidak ada yang mengharapkan hubungannya berakhir sedih dan perpisahan.

Merangkum berbagai sumber pada Rabu (13/02/2019), kadang keputusan bercerai sangat menyedihkan bagi wanita. Mengejutkannya, ternyata wanita-lah yang paling sering menuntut cerai dibanding pria berdasarkan survei AVVO pada tahun 2000 silam, yakni sebanyak 64 persen.

Sebagian besar wanita yang telah bercerai mengakui jika mereka lebih menikmati waktu sendiri dan lepas dari stres. Mereka juga ungkapkan kehidupannya juga terasa memuaskan usai memutuskan untuk pisah dengan suaminya. Berdasarkan penelitian majalah Style, wanita yang sudah cerai justru lebih banyak membicarakan hal berbau positif, seperti kegembiraan, bahagia, dan perayaan. Ini justru berbanding terbalik pada pria yang sering mengatakan hal negatif setelah berpisah dengan pasangannya.

Baca Juga:

Antre ATM dengan Baju Tipis Tanpa Bra, Wanita Ini Kena Auto Azab!

Pose Syur Kimmy Jayanti Bikin Gak Kuat Lihat Body-nya

Hal ini juga makin diperkuat dengan adanya pernyataan yang mengatakan jika 56 persen pria merasa sedih dan frustrasi memutuskan cerai, ini terjadi setelah jangka panjang. Tidak jarang pria juga akan berpikir ia telah gagal dalam membina rumah tangga dibanding wanita.

Di lain pihak, para wanita sebelumnya sudah berpikir matang sebelum memilih pisah dengan suaminya. Itu terjadi karena berbagai faktor yang dialaminya selama berumah tangga, seperti perselingkuhan, ditelantarkan, pasangan yang bertindak kasar secara fisik dan perkataan, hingga masalah finansial yang juga mengakibatkan depresi dalam rumah tangga.

Jika semua hal itu telah dirasa memberatkan bagi wanita, mereka bisa saja langsung menggugat cerai pasangannya dan meneruskan kehidupan barunya. Selain itu, mereka juga bisa menghabiskan waktu lajangnya bersama keluarga, teman, hingga pekerjaan yang disukainya dengan perasaan jauh lebih bahagia dibanding sebelumnya. Tidak jarang wanita yang telah bercerai justru akan terlihat jauh lebih kuat dibanding pria.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini