nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Kisah Cinta Romantis dari Berbagai Penjuru Dunia yang Melegenda

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 01:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 13 196 2017605 9-kisah-cinta-romantis-dari-berbagai-penjuru-dunia-yang-melegenda-RqDWMyNz07.jpg Kisah Romeo dan Juliet diangkat menjadi film romantis yang melegenda (Foto: SBS)

Berbicara mengenai Hari Valentine rasanya belum lengkap bila tidak membahas kisah cinta romantis dari sejumlah pasangan. Sebab hari tersebut selalu diidentikkan dengan hari kasih sayang. Ada begitu banyak kisah cinta romantis dari seluruh dunia. Bahkan ada yang sampai melegenda.

Penasaran apa saja legenda romantis dari penjuru dunia? Simak ulasan berikut ini seperti yang Okezone kutip dari Koran Sindo edisi Rabu, 13 Februari 2019.

Roro Mendut dan Pronocitra (Indonesia)

Ini adalah cerita rakyat klasik dalam Babad Tanah Jawi. Kisah cinta ini menceritakan ecantikan Roro Mendut yang berhasil memukau semua orang. Mulai dari Adipati Pragolo (penguasa Kadipaten Pati) hingga Tumenggung Wiroguno, panglima perang Sultan Agung. Namun Roro Mendut bukanlah wanita lemah. Dia berani menolak keinginan Tumenggung Wiraguna dan tetap memilih kekasihnya Pronocitra.

Sampek dan Engtay (China)

Kisah yang sering dianggap sebagai Romeo dan Juliet versi China ini menceritakan seorang gadis muda bernama Engtay yang menyamar sebagai pria untuk menuntun ilmu di Hangzhou. Engtay yang berasal dari keluarga kaya raya kemudian jatuh cinta dengan Sampek yang merupakan rakyat biasa. Keduanya bahkan sempat memutuskan menjadi saudara angkat.

Romeo dan Juliet (Inggris)

Kisah cinta ini sebenarnya merupakan karya klasik dari penulis William Shakespeare. Romeo dan Juliet diceritakan saling mencintai namun tak bisa bersatu karena pertentangan dari kedua keluarga.

Keduanya pun memilih mengakhiri hidup daripada harus dipisahkan oleh takdir. Cerita ini ditutup dengan elegi, “Karena tidak pernah ada cerita yang lebih menyedihkan, daripada Romeo dan Juliet-nya”.

romeo dan juliet

Cleopatra dan Mark Antony (Romawi)

Berdasarkan legenda, Cleopatra dan Mark Antony mendapatkan kecaman dari orang Romawi karena memutuskan untuk menikah. Oleh karenanya, saat Antony tengah berjuang untuk perang, dirinya mendapat kabar palsu yang mengatakan Cleopatra telah meninggal. Kabar itu membuatnya menghunus pedang ke dirinya sendiri. Di sisi lain, Cleopatra mengorbankan kehidupannya karena mengetahui kematian pasangannya.

Odysseus dan Penelope (Yunani)

Pasangan suami istri dari Yunani, Odysseus dan Penelope harus berpisah selama 20 tahun karena perang. Keduanya saling berkorban dan menunggu agar bisa bersatu kembali meskipun banyak lawan jenis yang datang menghampiri. Penantian itu berbuah manis karena Odysseus dapat kembali ke pelukan Penelope dan putranya.

Layla dan Majnun (Jazirah Arab)

Dalam sebuah puisi terkenal ada kisah tentang sepasang kekasih yang tidak bisa bersatu yaitu Layla dan Qays. Ayah Layla menolak putrinya berhubungan dengan Qays. Hal itu membuat Qays diasingkan ke padang pasir sehingga mendapatkan julukan ”Majnun” alias gila. Hingga akhir hayatnya, pasangan ini tidak dapat bersatu. Namun makam keduanya dibuat berdampingan.

Shah Jahan dan Mumtaz Mahal (India)

Untuk menunjukkan rasa cintanya kepada sang istri yaitu Mumtaz Mahal, Raja Shah Jahan membuat bangunan megah. Namun belum sempat bangunan itu selesai dibangun, sang istri sudah lebih dulu meninggal. Bangunan itu kemudian diselesaikan sebagai tanda penghormatan dan dikenal dengan nama Taj Mahal.

taj mahal

Marie dan Pierre Curie (Polandia)

Pasangan Marie dan Pierre Curie yang merupakan ilmuwan asal Polandia bertemu di Paris. Keduanya menikah di Paris pada 1895. Berlatar belakang sebagai ilmuwan, pasangan ini menemukan radioaktif dan berhasil mendapatkan anugerah Nobel untuk Fisika. Setelah Pierre meninggal, Marie kembali meraih Nobel kedua. Tak lama dirinya menyusul sang suami karena penyakit leukemia yang dideritanya.

Lancelot dan Guinevere (Inggris)

Dalam sebuah dongeng Arthurian yang terkenal di Inggris, ada sebuah kisah cinta terlarang antara Sir Lancelot dan Ratu Guinevere yang merupakan istri dari Raja Arthur. Perselingkuhan itu kemudian diketahui oleh warga kerajaan sehingga sang Ratu dijatuhi hukuman mati. Namun, Sir Lancelot berhasil menyelamatkannya dan membuat kuasa dari Raja Arthur melemah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini