nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bonsai Langka Senilai Rp1,2 Miliar Raib Digondol Maling, Seperti Ini Penampakannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 01:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 13 196 2017621 bonsai-langka-senilai-rp1-2-miliar-raib-digondol-maling-seperti-ini-penampakannya-ViuMT2VPTb.jpg Bonsai yang hilang (Foto: Nextshark)

Nasib malang tengah merundung pegiat bonsai asal Jepang, Fuyumi dan Seiji Limura. Belum lama ini, mereka baru saja kehilangan tujuh pohon bonsai langka yang berada di kebun pribadi keluarga di pinggiran Kota Tokyo, Jepang.

CNN melaporkan, para pencuri yang belum diketahui identitasnya itu berhasil membawa koleksi bosan terbaik yang harganya ditaksir mencapai Rp1,2 miliar. Pohon-pohon itu bahkan dianggap sebagai koleksi bonsai paling indah dunia oleh sejumlah ahli.

 Baca Juga: Enggak Ada Capeknya, 6 Zodiak Ini Terkenal Paling Energik

 

Melalui akun Facebooknya, Fuyumi menuliskan sebuah surat terbuka yang ditujukan kepada para pencuri. Ia mengatakan bahwa perasaan saatnya ini benar-benar hancur berkeping-keping seperti kehilangan seorang anak. Ia pun memohon agar pelaku selalu menyiram bonsai yang berhasil mereka curi secara rutin.

“Saya ingin siapapun yang mengambil bonsai itu untuk memastikan mereka tetap disiram. Shimpaku sudah hidup selama kurang lebih 400 tahun. Perlu perawatan ekstra, dan ia tidak bisa bertahan jika tidak disiram air dalam seminggu,” kata Limura merujuk pada salah satu tanaman langka yang ikut digondol pencuri.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bonsai merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa hidup hingga ribuan tahun asal menerima perawatan yang tepat. “Mereka bisa hidup selamanya, bahkan setelah kita meninggal. Cukup berikan perawatan secara rutin,” ujar Fuyumi.

 Baca Juga: 5 Tampilan Seksi Mandy Rose, Bintang WWE yang Tolak Jadi Bintang Porno

Media lokal mengatakan, para pencuri tahu betul betapa berharganya seluruh tanaman yang mereka rampas. Alhasil, muncul sebuah kecurigaan bahwa salah satu pelaku pencurian adalah sosok yang berpengalam dalam dunia bonsai.

“Seseorang yang berpengalaman pasti terlibat dalam pencurian ini,” kata Seiji Limura, kepada platform media lokal Asahi Shimbun.

 

Salah satu jenis bonsai yang berhasil dicuri adalah Juniper shimpaku. Tanaman ini terbilang langka dengan harga yang sangat santa fantastis berkisa 10 juta yen atau setara dengan Rp1,2 miliar. Harganya bisa jauh lebih tinggi jika dijual di pasar gelap.

“Kami memperlakukan pohon mini seperti anak-anak kami. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan perasaan kami saat ini. Bisa dibilang, rasanya seperti memiliki anggota tubuh yang terpotong,” kata Seiji Limura.

Sementara itu, keluarga Seiji Limura dilaporkan telah menanam pohon bonsai sejak zaman Edo atau sekitar tahun 1800-an. Bonsai jenis shimpaku diakuinya diambil dari sebuah gunung lebih dari empat abad yang lalu. Beberapa generasi keluarga Limura juga telah mereduksi pohon selama bertahun-tahun menjadi ukuran yang super mini seperti saat ini. Sebagian besar pohon bonsai mereka memiliki tinggi kurang dari satu meter, dengan lebar lebih dari 60 cm. Demikian dilansir dari Nextshark, Kamis (14/2/2019).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini