nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibarat Junkfood, Wortel Ternyata Bahaya untuk Kelinci

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 08:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 13 406 2017176 ibarat-junkfood-wortel-ternyata-bahaya-untuk-kelinci-q1pge6wIbB.jpg Binatang Kelinci (Foto: Pixabay)

BERAPA banyak dari Anda yang bila memiliki kelinci memberinya makan wortel? Belum lagi dari cerita fabel yang beredar dan kartun kelinci selalu digambarkan mengonsumsi wortel. Tapi tahukah Anda bahwa hal itu malah membahayakan kesehatan kelinci?

"Wortel bagi kelinci itu junk food. Mereka tetap saja memakan kalau dikasih wortel. Sama aja kaya kita manusia dikasih makanan sehat sama junk food pasti lebih milih junk food karena lebih enak, lebih gurih," ungkap Zainal Arifin dari komunitas Indonesian Rabbit Society saat ditemui Okezone dalam sebuah acara, Selasa, 12 Februari 2018 di Jakarta.

Baca juga :

Dijelaskan oleh pria yang akrab disapa Zai itu, kandungan gula di wortel cukup tinggi bila dikonsumsi oleh kelinci. Hal itulah yang membuat wortel dapat membahayakan kondisi kesehatan kelinci. Sebenarnya yang baik untuk dikonsumsi adalah daun wortel.

"Namun karena susah didapat jadi orang lebih gampang kasih wortelnya saja. Padahal kalau dipikir kelinci itu 'kan hidupnya di atas permukaan tanah, sedangkan wortel tumbuhnya di bawah permukaan tanah. Kelinci enggak mungkin mau bersusah payah menggali tanah buat makanan karena pada dasarnya ia adalah hewan yang berlebihan dalam hal kebersihan, jadi kotor dikit enggak mau," jelas Zai.

Kelinci baru akan menggali tanah untuk dua tujuan. Pertama, melindungi diri dari predator. Kedua, melindungi anaknya saat hendak melahirkan. Lantas makanan apa yang sebenarnya harus diberikan kepada kelinci?

"Kelinci itu makannya hei yaitu rumput kering yang seperti jerami. Mereka boleh juga makan rumput liar asalkan jangan yang dicabut dari tanah. Kalau dicabut, kelinci tidak bisa membedakan mana rumput yang bersih, sudah kena pestisida, ada racunnya atau tidak, berbulu atau tidak. Selama kelinci makan rumput yang masih tertanam di tanah, dia aman-aman saja," tutur Zai.

Selain itu, kelinci juga bisa diberikan makan pelet. Pelet merupakan sumber vitamin dan mineral bagi kelinci apabila ia tidak bisa makan di alam liar. Sebab biasanya mineral didapatkan dari tanah. Namun pelet yang diberikan haruslah pelet khusus kelinci. Pelet ini bisa didapatkan di toko hewan maupun toko daring.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini