nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Usai Berhubungan Seks Tidur Jadi Lebih Nyenyak?

Hanizha Fatma, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 13 481 2017439 kenapa-usai-berhubungan-seks-tidur-jadi-lebih-nyenyak-C5lp89GOzW.jpg Setelah hubungan seks, tidur jadi lebih nyenyak (Foto: Ddravonds)

JIKA Anda kesulitan tidur nyenyak, penelitian menunjukkan hubungan seks dengan pasangan atau diri sendiri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Menurut National Sleep Foundation, kamar tidur dirancang untuk dua hal, yaitu seks dan tidur. Tapi ternyata banyak orang yang tidak mendapatkan dua hal dari kegunaan kamar tidur.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior menunjukan selama awal 2010-an orang baik yang lajang ataupun menikah jarang melakukan hubungan seks dibandingkan pada akhir 1990-an.

 BACA JUGA : Viral Cewek Berhijab Makan Sabun Mandi, Bahayakah?

Kaum milenial memiliki jumlah seks yang paling sedikit, tetapi para peneliti mengatakan hal tersebut bukanlah karena jamkerja yang lebih lama atau peningkatan pornografi.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa kurangnya kualitas tidur dapat menyebabkan penurunan mood, libido, dan motivasi.

 

Apakah berhubungan seks membantu Anda tidur lebih baik?

Para ahli mengatakan tidak ada bukti klinis yang kuat tentang seks akan membuat Anda mengantuk. Namun mekanisme dasar yang mendasari bahan kimia yang dilepaskan saat berhubungan seks dapat membantu seseorang tidur lebih baik. Bahan tersebut memiliki banyak hubungan dengan hormon oksitosin yang dijuluki “hormon cinta.”

Dr. Amer Khan ahli saraf Sutter Health, spesialis tidur dan pendiri Sehatu Sleep di California Utara mengatakan pelepasan oksitosin telah dinyatakan terjadi bersamaan dengan perasaan kasih sayang serta sentuhan sensual yang mengarah ke perasaan senang, kesejahteraan dan terlepas dari stres.

Dilansir dari Health Line, Kahn mengatakan “Hormon lain seperti dopamin, prolaktin dan progesteron terlibat dalam mempengaruhi pikiran dengan rasa lega, relaksasi dan kantuk setelah melakukan hubungan seks yang memuaskan. Tetapi setiap orang berbeda, bisa jadi hal ini merangsang dan membangunkan atau malah mendorong untuk tidur.

Sebuahtinjauan tahun 2016 terhadap penelitian yang dilakukan di Universitas Ottawa menunjukkan bahwa melakukan hubbungan seksual sebelum tidur dapat mengurangi stress dan mungkin membantu penderita insomnia memulai dan mempertahankan tidur mereka serta menjadikannya alternatif untuk para penderitanya.

 BACA JUGA : 7 Tips Balikan Sama Mantan biar Valentine Enggak Sendirian

Meskipun begitu, Khan mengatakan bahwa masih diperlukan penelitian dengan skala besar untuk mengeksplorasi subjek secara lebih rinci. Ada lebih dari satu cara untuk terhubung dengan pasangan Anda yang dapat menenangkan pikiran sebelum tidur.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini