Menikmati Kopi dan Beragam Menu di Kafe untuk Vegan

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 14 298 2018159 menikmati-kopi-dan-beragam-menu-di-kafe-untuk-vegan-qRo3kVWUEs.jfif Nasi bakar jantung pisang (Foto: Ist.)

Semakin banyak restoran yang mengusung menu vegan untuk orang-orang yang tidak makan daging. Namun tidak banyak kafe yang khusus menyediakan makanan vegan.

Di Jakarta, Anda bisa menemukannya di Ray's Bottle of Joe Coffee atay RBoJ Coffee yang berlokasi di Jalan Warung Jati Barat, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Kafe ini sengaja mengusung menu vegan untuk memenuhi kebutuhan para penggemarnya.

Baru dibuka pada Desember lalu, konsep kafe ini seperti kedai kopi pada umumnya. Namun yang unik memang makanan dan camilan khusus untuk vegetarian. Termasuk susu kacang seperti cashew dan walnut sebagai minuman vegan.

 Baca Juga: Kunjungi Indonesia, Miss World 2018 Vanessa Ponce Jatuh Cinta dengan Gado-Gado

"Salah satu menu best seller kami adalah nasi bakar jantung pisang. Kafe belum ada yang pakai itu, uniknya di situ. Dikombinasi bumbu jadi enak dimakannya," ujar Sevtriyana, Direktur Operasional RBoJ Coffee baru-baru ini.

 

Nasi bakar jantung pisang ini disajikan sebagai ganti dari menu umum seperti nasi bakar tuna. Namun bukan menggunakan ikan tuna, mereka menggunakan jantung pisang sebagai gantinya. Jantung pisang tersebut ditumis bersama cabai dan kecombrang sehingga bisa membuat siapapun yang mencium aromanya tergoda.

Selain nasi bakar jantung pisang, ada juga nasi Bali yang disediakan dalam dua opsi, untuk vegetarian dan vegan. Vegetarian dan vegan sendiri memang berbeda. Jika vegetarian masih mengonsumsi beberapa produk hewani seperti telur dan keju, vegan sama sekali tidak mengonsumsi produk tersebut.

 

"Untuk vegetarian ada telur balado dalam satu nasi Bali, jamur krispi, sate lilit dari jamur dan tahu, rasanya seperti pada umumnya. Sedangkan untuk vegan, telurnya diganti dengan bakwan jagung," lanjut Sevtriyana.

 Baca Juga: Lihat Dinner Valentine Mewah ala Sobat Misqueen, Modalnya Cuma Rp10 Ribu

RBoJ sendiri merupakan kafe milik Mohammad Reza Hamami Syah yang awalnya hanya menjual kopi botol secara online. Ia mengaku belajar tentang kopi dan proses pembuatannya sejak 2014.

 

"Saya belajar prosesnya pembuatan kopi dari kebun sampai siap minum, kopi ini, itu, rasa ini dan itu. Kalau brewing, saya kulik di internet sama trial and error. Saya coba sampai menemukan formula yang tepat," ungkap Reza.

Saat mulai menjual kopi, Reza berhasil menjual ratusan botol di offline store setiap bulannya. Ia mengaku tidak menyediakan stok kopi, namun hanya concentrate yang bisa awet selama satu bulan.

"Pure coffee dan air. Kalau yang lainnya seminggu awetnya, karena ada tambahan susu. Tapi kami sedang mengupayakan supaya kopi susu yang awet selama satu bulan," tandas Reza.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini