nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naga Raksasa 68 Meter Disiapkan untuk Cap Go Meh, Harganya Capai Rp80 Juta!

Ade Putra, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 17:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 14 406 2017967 naga-raksasa-68-meter-disiapkan-untuk-cap-go-meh-harganya-capai-rp80-juta-cQ6ohPWuTg.jpg Naga Cap Gomeh. (Foto: Okezone)

PERAYAAN Cap Go Meh akan digelar 15 hari setelah Imlek berlangsung. Banyak daerah sudah mempersiapkan untuk menyambut Cap Go Meh, termasuk di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, yang akan merayakan dengan pawai sebanyak 26 replika naga.

Naga terpanjang yang ada bernama naga bersinar, dengan panjang 68 meter. Naga bersinar ini dibuat oleh sekelompok warga Tionghoa yang tergabung dalam Yayasan Panca Bhakti, di Markas Pemadam Kebakaran Panca Bhakti, Jalan Suprapto, Pontianak Selatan.

"Ini sudah 95 persen. Tinggal finishing dan menunggu hari H saja," ujar Jecki, salah satu anggota Yayasan Panca Bhakti, Kamis (14/2/2019).

Baca Juga: Adu Gaya 3 Anak Perempuan Titi DJ yang Mulai Beranjak Dewasa, Siapa Lebih Keren?

Proses pembuatannya pun membutuhkan waktu yang panjang dan biaya puluhan juta rupiah. Pasalnya, untuk biaya sinar yang berasal dari lampunya saja, menghabiskan biaya sekitar Rp20 juta sampai Rp30 juta. Sedangkan untuk biaya keseluruhan mencapai Rp80 juta.

"Naga kita panjangnya 68 meter. Identik dengan hidung besar. Karena filosofi orang Tionghoa, kalau hidungnya besar maka rezekinya besar," kata Jecki.

Nantinya, naga yang memiliki berat kepala mencapai 20 kilogram ini akan dimainkan oleh 105 personel. Mulai dari yang memegang tongkat di bagian kepala hingga ekornya.

Baca Juga: Antre ATM dengan Baju Tipis Tanpa Bra, Wanita Ini Kena Auto Azab!

Dia menjelaskan, 26 naga nanti akan beraksi mengelilingi Kota Pontianak selama empat hari. Atraksi yang memukau ini dapat dilihat sejak 17 hingga 19 Februari.

"Jadi, siang malam juga main naga. Tanggal 17 dan 18 Februari naga-naga atraksi mendatangi para donatur-donatur. Nah, puncaknya pada 19 Februari malam," tutup Jecki.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini