nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susu Kelapa Diklaim Dapat Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 01:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 14 481 2018129 susu-kelapa-diklaim-dapat-memperbesar-payudara-mitos-atau-fakta-viC9GKxv32.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PRODUSEN susu kelapa asal China mendapatkan kecaman dari masyarakat. Hal ini lantaran pihak produsen membuat iklan yang mengklaim susu kelapa dapat membuat payudara lebih berisi. Bahkan ada billboard yang memperlihatkan seorang perempuan yang memiliki payudara besar tengah meminum susu kelapa milik produsen tersebut.

Lantas, apakah susu kelapa benar-benar bisa membuat payudara membesar? Apakah itu mitos belaka? Atau bahkan hanya teknik marketing semata? Okezone mencoba mencari tahu jawabannya kepada dokter spesialis gizi klinik, dr Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK.

“Dari hasil penelitian yang saya baca sih, tidak ada yang mengatakan bila susu kelapa dapat membesarkan payudara. Jadi itu bisa dikatakan cuma mitos,” ungkap dr Dian saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (14/2/2019).

 Baca Juga: Kunjungi Indonesia, Miss World 2018 Vanessa Ponce Jatuh Cinta dengan Gado-Gado

Di sisi lain, dr Dian mengatakan bila susu kelapa sebenarnya memiliki manfaat lain bagi tubuh. Susu kelapa merupakan jenis susu yang diekstrak dari daging buah kelapa. Bentuk susu ini hampir sama seperti santan yang sering digunakan sebagai bahan memasak.

“Kandungan di susu kelapa itu 93% merupakan medium chain trygliserides, komposisinya asam laurat. Walaupun termasuk asam lemak jenuh, tapi apabila dikonsumsi kurang dari 7-10% enggak masalah. Malah banyak manfaatnya untuk tubuh,” jelas dr Dian.

Dirinya menambahkan lemak yang terkandung dalam susu kelapa dapat membakar kalori lebih banyak. Sebab lemak tidak disimpan sebagai cadangan lemak melainkan diubah menjadi energi. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan susu kelapa dapat menurunkan nafsu makan sehingga membantu mempertahankan berat badan. Walau begitu, konsumsinya tidak boleh berlebihan.

 Baca Juga: Kimmy Jayanti Umumkan Kabar Kehamilan di Hari Valentine dengan Tampil Seksi

“Kalau asam lemak jenuh dikonsumsi berlebihan risikonya masalah kardiovaskular yang meningkatkan kadar kolesterol dan serangan jantung. Selain itu, kalorinya cukup besar, 240 gram susu kelapa mengandung 500 kalori. Bila dikonsumsi berlebihan tentu itu dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan kalau susu kemasan ada kandungan gulanya juga yang perlu diperhatikan,” terang dr Dian.

Manfaat lain dari susu kelapa dpaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sifat anti inflamasinya. Ada pula kandungan seperti protein, serat, vitamin C, mangan, dan besi. Kandungan-kandungan itu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini