nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Kantung Plastik saat Belanja ke Supermarket Ini, Anda Bisa Kena Denda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 08:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 15 194 2018226 pakai-kantung-plastik-saat-belanja-ke-supermarket-ini-anda-bisa-kena-denda-vZPZjFRREB.jpg Denda Gunakan Kantung Plastik (Foto: Leonardus/Okezone)

GLOBAL warming atau yang biasa disebut dengan pemanasan global menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat dunia saat ini. Ekspoitasi alam yang jor-joran, serta kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan membuat alam menjadi rusak.

Tentunya, jika hal ini terus berlanjut, maka akan menimbulkan kerusakan alam yang semakin parah. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan lebih bijak dalam menggunakan benda yang sulit untuk terurai oleh alam.

Ya, salah satunya adalah penggunaan plastic. Sebagaimana diketahui, plastik merupakan sebuah benda yang sulit untuk teruraikan secara alami. Oleh sebab itu, di momen hari Valentine ini, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat untuk menyebarkan cinta bumi, pelestarian lingkungan, dan kelangsungan hutan tropis di Indonesia.

Baca juga :

Salah satu caranya adalah mengedukasi publik tentang kampanye berhenti memakai kantong plastic dan beralih menggunakan tas daur pakai yang bersahabat dengan lingkungan. Sistem ini akan segera diterapkan di The Foodhall an bekerjasama dengan LOVE & O2.

“Tujuan utama kegiatan ini untuk mengajak masyarakat menyebarkan cinta, untuk lebih mencintai diri sendiri sehingga dapat mencintai diri sendiri dan lingkungan sekitar,” tutur Kayla von Rueti selaku Co-Founder LOVE &O2, saat dijumpai Okezone di Plaza Indonesia, Kamis (14/2/2019).

Pada saat bersamaan, Rueti juga menjelaskan bahwa setiap pelanggan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2 ribu apabila menggunakan kantong plastik. Sebagai gantinya, The Foodhall akan menyediakan tas belanja daur pakai yang telah disediakan.

“Pelanggan yang menggunakan kantong plastik akan dikenakan bayaran Rp2ribu. Ini bukan bermaksud untuk merugikan konsumen, tapi kami berniat untuk mengubah kebiasaan mereka. Sebagai gantinya kami menyiapkan tas belanja daur pakai yang bisa disimpan setiap kali berbelanja. Ada dua pilihan, harganya mulai Rp10 ribu sampai Rp20 ribu,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini