nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mimpi-Mimpi para Nabi yang Menjadi Sebuah Sejarah

Pisca Azalea, Jurnalis · Sabtu 16 Februari 2019 04:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 16 196 2018690 mimpi-mimpi-para-nabi-yang-menjadi-sebuah-sejarah-3Ox7VtsSVd.jpg Ilustrasi (Foto: Pennyappeal)

Masih ingatkah Anda dengan kisah mimpi-mimpi para nabi? Ya, mimpi memang bisa terjadi kepada siapa saja, anak kecil maupun orang dewasa bisa mengalaminya begitu juga dengan para rasul utusan Allah.

Pada dasarnya mimpi adalah cerita dan gambar yang diciptakan oleh pikiran kita saat kita tidur. Kita tahu bahwa mimpi dapat membuat Anda merasa bahagia, sedih, hingga dapat membuat takut. Bahkan beberapa orang mengatakan mimpi dapat memiliki arti dan makna tertentu. Lalu bagaimana dengan mimpi-mimpi para nabi?

Hal yang membedakan mimpi seorang para nabi dengan manusia biasa yakni mimpi-mimpi para nabi ini dapat mengubah sejarah yang sampai sekarang masih kita dengar kisahnya. Sebagaimana Okezone rangkum dari berbagai sumber, Sabtu(16/2/2019) berikut kisah-kisah mimpi para nabi yang mengubah sejarah.

Mimpi Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya

Nabi Ibrahim merupakan salah satu dari 25 nabi yang harus diketahui umat muslim. Beliau diceritakan sebagai salah satu nabi yang sangat taqwa kepada Allah, Ia bahkan berkurban kambing, sapi, dan unta dengan jumlah yang banyak sehingga membuat banyak orang dan malaikat terheran-heran.

infografis

Ketika itu beliau belum mempunyai seorang anak, pada akhirnya beliau memohon kepada Allah agar dikaruniai seorang anak, Allah pun mengabulkan permohonannya dengan memberinya seorang putra yang tampan dan sholeh bernama Ismail.

Pada saat usia Ismail sembilan tahun dan bertepatan dengan tanggal 8 Djulhijah, Nabi Ibrahim tidur dan bermimpi. Dalam mimpi tersebut beliau diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putranya. Setelah mencerikan ke Ismail, Ia pun bersedia karena ini perintah dari-Nya. Namun ketika hari di mana Nabi Ibrahim ingin menyembelih putranya, Allah menggantikan posisi Ismail dengan domba. Dari sinilah asal mula dan sejarah dari Idul Adha.

Mimpi Nabi Yusuf tentang 11 bintang tunduk kepadanya

Nabi Yusuf dijuluki sebagai nabi yang tampan, beliau merupakan anak dari Nabi Yakub. Beliau sangat disayangi dan dicintai karena kepatuhannya. Dibanding dengan putra Nabi Yakub yang lain, Yusuf merupakan anak yang paling patuh.

Sewaktu kecil beliau bermimpi sebelas bintang, matahari dan bulan bersujud dan tunduk kepadanya. Setelah terbangun dari mimpinya, beliau langsung menceritakan mimpinya itu kepada ayahnya. Mendengar mimpinya, Yakub mengingatkan Yusuf agar tidak menceritakan mimpinya kepada saudara-saudaranya, Yusuf pun menaati saran ayahnya.

infografis

Arti mimpi tersebut adalah bahwa sebelas bintang artinya sebelas saudara Nabi Yusuf, matahari ialah ayahnya, dan bulan ialah ibunya. Mimpi itu menunjukkan bahwa Allah menjadikan Nabi Yusuf sebagai insan terpilih atau menjadi orang besar.

Benar saja Nabi Yusuf diangkat sebagai menteri ekonomi kerajaan Mesir setelah menafsirkan mimpi raja Mesir yang bermimpi melihat tujuh ekor sapi kurus memakan tujuh ekor lembu yang gemuk-gemuk serta melihat tujuh tangkai gandum yang hijau dan tujuh tangkai gandum yang kering.

Nabi Yusuf menafsirkan Mesir akan mengalami masa subur selama tujuh tahun dan mengalami masa sulit selama tujuh tahun. Oleh sebab itu, hasil panen selama tujuh tahun dimasa subur harus disimpan baik-baik, jangan di hambur-hamburkan. Untuk persediaan selama masa paceklik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini