nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Blusukan ke Pasar Beringharjo demi Mencecap Lezatnya Sego Empal Bu Warno

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Sabtu 16 Februari 2019 23:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 16 298 2018978 blusukan-ke-pasar-beringharjo-demi-mencecap-lezatnya-sego-empal-bu-warno-kdFVK1JSRa.jpg Sego empal Bu Warno (Foto:Ceritamakan)

BERLIBUR ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner khas dari kota ini. Bukan hanya gudeg, Yogyakarta memiliki makanan khas lainnya yang tidak kalah lezat. Salah satunya adalah nasi empal legendaris di Warung Sego Empal Bu Warno.

Warung Sego Empal Bu Warno terletak di lantai 2, Pasar Beringharjo. Meski harus blusukan ke dalam pasar, namun tidak menurunkan minat para pengunjung untuk menikmati kuliner yang telah hadir sejak tahun 1991 ini.

“Hampir tidak terhitung (makan di sini) karena salah satu opsi makan siang ketika sedang di Pasar Beringharjo atau sekitarnya. (Rasanya) sangat istimewa, berciri khas dan bercita rasa tinggi, bikin nagih dan selalu jadi rekomendasi untuk kerabat yang belum pernah mencoba,” jelas Satya salah pengunjung warung.

Baginya, sego empal di Warung Sego Empal Bu Warno ini berbeda dengan sego empal yang dijajakan di tempat makan lainnya. Bukan hanya karena rasa, namun juga lokasinya.

Baca Juga;

5 PNS Cantik dengan Senyum Manis yang Bikin Pria Salah Tingkah

Nama adalah Doa, Princess Megonondo Kini Miss Indonesia 2019

“Di luar rasanya yang sangat enak, bumbu-bumbunya meresap, dan sangat empuk karena mungkin dagingnya diungkep berjam-jam, kodimen kecap petisnya mungkin jarang ditemui di tempat lain. Selain itu, suasana Pasar Beringharjo yang membuat makan di sana terasa Jogja banget,” tambahnya yang mengaku telah kepincut kuliner ini sejak tahun 2001.

Sego empal atau nasi empal sendiri merupakan masakan yang terbuat dari daging sapi bagian pangkal betis dan paha, lalu direbus selama 5 jam, kemudian dibacem (diungkep dengan bumbu) selama 10-12 jam agar bumbu meresap dengan sempurna, setelah itu baru digoreng. Sego empal dihidangkan dengan sambal korek dan petis, sebagai pelengkap ditemani juga dengan sayur lodeh.

Tak hanya menghidangkan empal goreng sebagai menu utamanya, Warung Sego Empal Bu Warno juga menyediakan menu lain yang juga nikmat seperti babat goreng, iso goreng, koyoran, dan sayur asem. Untuk harganya sendiri dibandrol dari Rp. 11.000,00 – Rp. 17.000,00 per porsi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini