nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Apel Hantu Melanda Amerika Serikat

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Minggu 17 Februari 2019 02:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 17 612 2019010 fenomena-apel-hantu-melanda-amerika-serikat-KjYfeY6GSj.jpg

WALAU PUN hanya sementara, Polar Vortex atau Pusaran Kutub telah sepenuhnya mengubah Amerika Serikat. Ada yang mengalami masalah sambil terkena flu karenanya, ada juga yang memanfaatkannya untuk bersenang-senang.

Bukan hanya peselancar, manajer pertanian Andrew Sietsema yang sedang memangkas pohon apel di kebun es di Michigan, terkejut karena menemukan sebuah fenomena langka yang dijuluki ‘apel hantu’.

"Ketika saya memangkas pohon, apel akan jatuh , dan jamur akan menyelinap keluar dari bagian bawah apel hantu,” kata Andrew dilansir dari Bored Panda, Minggu (17/2/2019).

“Sebagian besar apel dan es berjatuhan, namun ada juga beberapa apel hantu yang jatuh,” tambahnya.

“Saya rasa itu terjadi karena es yang menutupi apel tesebut belum meleleh saja, tetapi cukup hangat sampai-sampai apel di dalem es tersebut menjadi jamur (apel memiliki titik beku lebih rendah dari air),” ucap Andrew lagi.

Ia juga mengatakan bahwa setiap orang akan dengan mudah menemukan fenomena ini di pegunungan dekat Sparta.

“Saya yakin Anda dapat menemukannya di kebun mana pun dekat pegunungan (dekat Sparta), atau setidaknya di tempat yang apelnya belum dipetik dari pohon,” tuturnya.

Menurut Andrew, tidak banyak buah dan sayuran yang terlihat seperti itu. "Anda hanya bisa menemukannya di buah-buahan dan sayuran lain yang tidak dipanen dan bertahan hingga musim dingin. Sebagian besar gagal panen,” katanya.

William Shoemaker, peneliti buah-buahan dan sayuran hortikultura dari University of Illinois, mengatakan kepada Forbes bahwa apel-apel sisa dari panen itu melewati satu minggu di cuaca yang sangat dingin karena pusaran kutub. "Selain terlihat seperti mumi, mereka juga bisa busuk," katanya.

"Jika demikian, mereka mempertahankan bentuknya, tetapi substansinya mendekati saus apel,” jelas Shoemaker lagi.

Baca Juga : Nama Adalah Doa, Princess Megonondo Kini Miss Indonesia 2019

Ketika suhu mereka turun menjadi sekitar -18 ° C (0 ° F), struktur mereka hancur dan beberapa bisa menghasilan isi yang busuk. Meskipun orang mungkin bertanya-tanya mengapa apel tidak sepenuhnya membeku, Shoemaker mengingatkan bahwa apel memiliki kandungan asam yang signifikan, sehingga menjadi sangat dingin sebelum membeku juga.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini