Belajar dari Film Inception, Bisakah Kita Mengontrol Mimpi?

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 17 Februari 2019 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 17 612 2019102 belajar-dari-film-inception-bisakah-kita-mengontrol-mimpi-N696vi7SAp.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNAH menonton film "Inception", sebuah film karya Christopher Nolan yang menggambarkan dunia mimpi. Dalam film tersebut, diketahui bahwa lewat mimpi seseorang bisa memperoleh banyak informasi.

Dikisahkan bahwa Tuan Cobb (Leonardo DiCaprio), adalah salah seorang penjahat yang suka merampok. Tapi, cara merampok yang dia lakukan cukup unik, yakni dengan masuk ke mimpi orang dan merampas rahasia mereka di alam bawah sadar.

Karena perbuatannya itu, Tuan Cobb dianggap sebagai pencuri mimpi dengan kemampuan yang langka. Dia kerap mengorbankan semua yang disuka lewat mimpi-mimpinya.

Baca Juga: 5 PNS Cantik dengan Senyum Manis yang Bikin Pria Salah Tingkah

Film yang disutradarai oleh Christoper Nolan dan Emma Thomas, pada awalnya dinilai konyol. Tapi ketika Anda menghayati cerita film, semakin Anda menyadari bahwa ini masuk akal.

Para ahli bahkan berdebat terkait isi cerita film "Inception". Padahal film ini ambigu, karena sutradaranya sengaja membuat seperti itu. Tidak ada kepastian dari seluruh isi film, apakah mimpi atau bukan. Bahkan, para ilmuwan telah berhadapan dengan ketidakpastian selama bertahun-tahun. Beberapa hipotesis ilmiah dapat menjelaskan serangkaian bukti atau data.

Melansir Independent, Deirdre Barrett, asisten profesor klinis psikologi di Harvard Medical School yakin kita semua memiliki kekuatan untuk mengelola mimpi. "Dimungkinkan untuk memengaruhi mimpi dengan teknik yang disebut 'inkubasi mimpi'," katanya.

"Jika kamu ingin bermimpi tentang subjek tertentu, fokuslah padanya begitu kamu berada di tempat tidur. Karena mimpi itu sangat visual, pegang gambar yang berhubungan dengan subjek itu dalam pikiranmu ketika kamu tertidur," tambah dia.

Baca Juga: Dijodohkan dengan Ifan "Seventeen", Intip Seksinya Juliana Moechtar Berbalut Mini Dress Ketat

Anda juga dapat menempatkan objek atau foto yang mewakili mimpi yang diinginkan di tempat tidur Anda. Komponen kunci lain untuk mengatur mimpi adalah menggunakan impian seseorang secara kreatif, tapi hati-hati jangan sampai Anda turun dari tempat tidur saat Anda bangun.

"Jika Anda tidak segera mengingat mimpi, berbaringlah dan lihat apakah suatu pikiran atau gambar muncul di benak Anda. Kadang-kadang seluruh mimpi akan datang kembali," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini