Masyarakat Tionghoa Percaya Mimpi Merefleksikan Keberuntungan atau Kesialan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 18 196 2019585 masyarakat-tionghoa-percaya-mimpi-merefleksikan-keberuntungan-atau-kesialan-QXa7It9T7O.jpg Tidur lalu bermimpi (Foto: Dailymail)

SEMUA orang pasti pernah bermimpi, terkadang mimpi datang dengan gambaran yang indah, namun tak menutup kemungkinan bisa berubah menjadi menakutkan. Seseorang tidak bisa mengatur mimpinya, mereka hanya mampu menafsirkan apa arti dalam mimpinya.

Melansir dari berbagai sumber, pada zaman Tiongkok kuno mimpi adalah sebuah fenomena yang sangat penting. Pada zaman dinasti Shang bahkan sudah banyak ahli-ahli yang bertugas untuk menafsirkan mimpi bagi kalangan istana dan bangsawan

Mereka mempercayai mimpi memiliki sebuah arti yang dapat merefleksikan keberuntungan atau kesialan. Pada zaman itu terdapat dia macam kitab kuno yang membagi mimpi menjadi enam macam, Zhou Li dan Lie Zi.

Ahli tafsir mimpi pada zaman kuno melakukan analisa yang menghubungkan suasana mimpi dengan kehidupan realita. Mereka menggunakan Yin-Yang, Wu Xing (Lima elemen) dan Ba Gua (Delapan trigram), untuk melakukan penafsiran.

Penafsiran tersebut dilakukan untuk mengetahui kabar baik atau kabar buruk yang dihasilkan dalam mimpi tersebut. Menurut seorang peramal feng shui, Lie Feng Shui, apa yang terjadi dalam mimpi bisa diartikan mendapatkan keberuntungan maupun kesialan.

Ia pun membagi mimpi menjadi dua kategori yakni mimpi yang berkaitan dengan masa lalu atau masa sekarang dan mimpi yang berkaitan dengan masa depan. Ia pun memberikan contoh dari dua perbedaan tersebut.

Menurutnya mimpi yang berkaitan dengan masa lalu atau masa sekarang biasanya dikaitkan dengan peristiwa sebelum tidur. Contohnya, ketika seseorang menahan buang air kecil saat tidur, maka ia akan bermimpi berada di tengah banjir dan akhirnya mengompol.

Ada pula mimpi yang berkaitan dengan masa depan. Berbeda dengan sebelumnya, mimpi di sini akan membawa pesan tentang peristiwa yang akan terjadi. Lie Feng Shui membagi mimpi ini menjadi tiga, yaitu oraculum, visio dan somnium.

Lie Feng Shui mengartikan bahwa oraculum adalah mimpi yang membawa pesan dari tuhan. Adapun visio adalah mimpi yang meramalkan peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Sedangkan somnium adalah mimpi simbolis yang sebaiknya ditafsirkan maknanya secara hati-hati.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini