Tips Menjadi Content Creator Youtube dan Instagram Handal ala Dr Tirta

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 18 196 2019764 tips-menjadi-content-creator-youtube-dan-instagram-handal-ala-dr-tirta-oA6Qkh3XUD.jpg dr Tirta (Foto: Tiara/Okezone)

Maraknya Selebgram dan Youtuber yang terkenal serta menghasilkan uang banyak mungkin membuat banyak orang ingin seperti mereka. Maka tak heran bila sekarang ini profesi content creator. Sayangnya, tak sedikit yang salah pemahaman tentang profesi tersebut.

Beberapa berpikir jika ingin cepat terkenal dan menghasilkan banyak uang, maka dirinya harus membuat konten yang kontroversial. Sebab konten seperti itu yang dianggap menarik perhatian. Padahal pemahaman ini salah besar.

“Menjadi content creator itu seharusnya bisa berguna untuk orang banyak. Tapi saat ini banyak orang-orang yang menjadi content creator hanya untuk mata pencaharian. Akibatnya mereka terpengaruh untuk membuat konten yang sama persis, inilah tantangan yang sebenarnya harus dihadapi,” ujar Tirta Mandira Hudi atau yang lebih dikenal dengan nama Dr Tirta saat ditemui Okezone dalam sebuah acara baru-baru ini.

Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta yang kini aktif menjadi content creator dan pebisnis itu mengatakan ada dua tipe content creator di Indonesia. Pertama yang hanya berfokus pada uang. Kedua yang benar-benar berfokus pada isi dari kontennya.

dr tirta

“Kebanyakan yang dilupakan oleh mereka yang baru menjadi content creator adalah proses untuk mendapatkan keberhasilan tidak mudah. Para content creator yang sekarang ini juga butuh waktu untuk ada di posisinya. Uang itu sebenarnya nomor 2, untuk menjadi content creator yang paling penting movementnya. terang Dr Tirta.

Pria berkacamata itu menegaskan konten yang dibuat itu harus berguna buat orang banyak. Dengan begitu, hal-hal seperti uang, endorsement, followers, subscriber, atau apapun akan datang otomatis. “Ingat, membuat konten itu butuh waktu dan modal. Biarpun hanya receh,” imbuh Dr Tirta.

Selain itu dirinya mengatakan jika hal yang paling dibutuhkan untuk menjadi content creator adalah niat. “Buat konten itu kaya buat makanan, mungkin semua orang bisa buat tapi enggak semuanya enak. Ketika kita niat membuat konten yang bagus, harus diniatin, mulai dari alat yang proper, tentukan sasaran target, lalu kembali fokusnya buat sosial. Ingat, platform yang ada untuk konten sekarang adalah media sosial,” tutur Dr Tirta.

Terakhir, jangan lupa untuk menentukan fokus isi konten. Entah itu fashion, kuliner, atau daily vlog. “Kurang-kurangin drama dan nyenggol orang. Memang akan menjadi viral, tapi akan cepat turun lagi popularitasnya. Selain itu, pikirkan uang belakangan karena untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi dari media sosial perjuangannya tidak mudah, konten yang dibuat harus benar-benar dipersiapkan dengan matang,” pungkas Dr Tirta.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini