nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejadian Langka, Noah Lahir Masih dalam Kantung Ketuban

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 12:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 18 481 2019517 kejadian-langka-noah-lahir-masih-dalam-kantung-ketuban-MKdtHpGCQY.jpg Bayi Noah yang lahir masih dalam kantung ketuban (Foto: Dailymail)

MOMEN kelahiran adalah momen paling tak terlupakan oleh ibu dan ayah. Di momen ini, pertaruhan hidup dan mati seorang ibu. Makanya, kelahiran seorang bayi menjadi kejadian sakral bagi sebagian orang.

Tapi, apa yang terjadi jika kelahiran tersebut malah menjadi momen langka dan si bayi di ambang nyawa karena kondisi tertentu? Inilah yang dialami seorang bayi asal Brasil. Dia berhasil dilahirkan namun dalam keadaan masih terbungkus kantung ketuban. Momen ini diketahui terjadi sekali dalam 100 ribu kelahiran.

 

Dilansir Okezone dari Daily Mail, bayi tersebut dilahirkan di Rumah Sakit Praia da Costa di kota Vila Velha di negara bagian Espirito Santo Brasil. Foto-fotonya diabadikan oleh fotografer Jana Brasil, yang merupakan spesialisasi fotografer kelahiran.

 Baca Juga: Bocah 9 Tahun Antar Ibunya yang Sakit Ginjal Sendirian, Netizen: Surga Milikmu Nak!

Dalam foto-foto itu, bayi yang baru lahir tersebut diketahui bernama Noah dan ibunya bernama Monyck Valasco. Noah dilahirkan dalam keadaan kantung ketubannya masih membungkus tubuhnya secara utuh. Beberapa capture-an kamera menangkap jelas wajah Noah yang masih berada di dalam kantung yang terlihat seperti alien. Noah dilahirkan melalui proses persalinan caesar.

 

Para ahli mengatakan kelahiran seperti ini terjadi setiap 80.000 atau 100.000 kelahiran alami di dunia dan tidak membahayakan bayi atau ibu. Beberapa kasus terjadi karena ahli medis diyakini kurang teliti selama operasi caesar karena pisau bedah biasanya menusuk kantung ketuban.

Foto-foto telah diposting online dan mengumpulkan ribuan likes dan komentar. Sang ibu Valasco, 34, mengatakan kepada wartawan, orang-orang di seluruh dunia memposting ulang foto-foto anaknya dan mencari mereka.

 

"Saya melihat dia dilahirkan. Mereka menurunkan layar sehingga saya bisa melihat. Saya banyak menangis. Itu adalah emosi yang tidak memiliki ukuran," katanya.

 Baca Juga: Curhat Ani Yudhoyono Pasca-Divonis Kanker Darah, Bikin Mewek Bacanya

Lebih lanjut, si fotografer yang biasa disapa Brasil menjelaskan, dia mendedikasikan diri untuk memotret kelahiran sebagai pekerjaan peNoah sejak tiga tahun lalu. Ada alasan khusus kenapa dia memilih pekerjaan ini.

"Tidak terlukiskan bagaimana rasanya bisa mendapatkan momen-momen melahirkan seorang ibu. Tahun lalu saya mengambil foto bayi di kantung, saya punya dua penghargaan karena itu," terang Brasil.

 

"Tapi tidak seperti foto Noah ini yang mengejutkanku. Saya pikir saya telah melalui semua emosi, tetapi dia menarik wajah dan sedikit cemberut saat masih di kantung dan mengarah ke saya," tambahnya.

Ginekolog Rafael Angelo Baggieri mengatakan, "Kelahiran en-caul terjadi ketika bayi itu lahir tanpa merobek kantong ketuban, dengan kata lain, dia masih dalam sebuah 'rumahnya'," kata Baggieri. Dia menambahkan, kelahiran khusus ini terjadi di setiap 80.000 atau 100.000 kelahiran.

Sampai berita ini dipublish, Noah dilaporkan masih berada di rumah sakit karena Baggieri mengatakan bayi yang baru lahir itu 'lelah' setelah kelahirannya tetapi dia diharapkan akan diizinkan pulang pada akhir pekan.

(tam)

Berita Terkait

bayi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini