Terlihat Bersih, Tapi 5 Barang di Dapur Ini Paling Banyak Kuman

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2019 09:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 18 481 2019790 terlihat-bersih-tapi-5-barang-di-dapur-ini-paling-banyak-kuman-FyjvOSF495.jpg Barang di dapur yang penuh kuman (Foto: Foodbeast)

SEBAGIAN orang mungkin menganggap bahwa gudang atau kamar mandi adalah bagian di rumah yang paling kotor. Well, sayangnya anggapan ini nyatanya keliru loh! Pasalnya, biasanya benda yang paling kotor ada di rumah itu berada di dapur, tidak peduli seberapa sering kita membersihkannya.

Maka dari itu, wajib adanya untuk mengetahui barang dapur apa saja yang disebutkan sebagai benda paling kotor sehingga kita bisa jadi lebih perhatian dan lebih sering membersihkannya. Mengutip Foodbeast, Selasa (19/2/2019) ini dia uraian singkat perihal lima barang dapur paling kotor sekaligus bagaimana cara membersihkannya.

BACA JUGA : Anak 90-an Pernah Ditinggalin Emak Sendirian di Kasir? Ini Kata Psikolog

1. Sponge cuci piring

Benda dapur paling kotor posisi nomor satu dipegang oleh sponge atau busa cuci piring. Spons cuci piring disebutkan jadi media alias tempat untuk berkumpulnya begitu banyak kuman, sehingga kita wajib mengganti spons cuci piring lama di rumah dengan spons yang baru satu hingga dua kali dalam satu pekan. Sebab, menurut sebuah studi baru yang dilaporkan oleh The New York Times, tidak ada cara untuk membersihkannya. Jadi, segera buang saja ke tempat sampah spons cuci piring lama di rumah dan ganti dengan yang baru.

2. Lap dapur

Nomor dua ada lap atau serbet tangan khusus yang ada di dapur. Salah satu alasannya adalah mungkin mengganti handuk tangan lebih sering daripada serbet dapur. Idealnya, kita harus menggunakan serbet atau lap dapur ini berbeda setiap harinya selama dalam seminggu. Lalu di akhir pekan, jangan lupa untuk selalu mencuci lap-lap dapur ini menggunakan air bersuhu tinggi dengan campuran pemutih yang dituangkan langsung pada air atau mesin cuci.

 

3. Botol garam dan lada

Jujur, seberapa sering sih orang-orang mencuci tempat atau botol garam dan lada? Padahal, tahukah Anda bahwasanya aalt and pepper shakers ini masuk menjadi beberapa benda paling kotor di dapur karena benda-benda itu adalah yang paling banyak disentuh di dapur.

Sebelum mengisinya lagi, masukkan ke dalam mesin cuci piring atau cuci dengan air bersuhu tinggi, di mana suhu air panas yang dipakai harus mencapai suhu 140 derajat Fahrenheit agar dapat botol bisa steril. Selain itu, di sela-sela mencuci, jangan lupa bersihkan bagian luarnya dengan tisu antibakteri.

4. Gagang pintu

Selain botol garam dan lada, kitchen handles atau dengan kata lain pegangan pintu barang-barang di dapur adalah salah satu yang paling sering dipegang. Pintu kulkas, pintu lemari atau laci kitchen set, pintu mesin cuci piring, dan sebagainya. Mudahnya, saat memasak sembari menunggu masakan matang, bersihkan gagang pintu barang-barang di dapur dengan tisu anti-bakteri. dengan tisu desinfektan. Jangan lupa siapkan pembersih dan gunakan seminggu sekali untuk membersihkan semua gagang pintu di dapur.

 BACA JUGA : Suka Kulineran, Ternyata Ini Makanan Favorit Meghan Markle!

5. Talenan

Jika tidak dijaga kebersihannya, kontaminasi bakteri bisa terjadi melalui talenan loh! Tidak cuci tangan dan juga tidak mencuci langsung talenna yang dipakai setelah memotong ayam atau daging lainnya, kita berisiko mencemari makanan apa pun yang menyentuh permukaan itu.

Mengingat kayu memiliki permukaan yang sulit dibersihkan, sedangkan paparan suhu panas tinggi dan pemutih dapat merusak papan talenan, disarankan lebih baik menggunakan talenan kayu hanya untuk memotong sayuran. Sedangkan untuk memotong daging-dagingan, gunakan talenan bermaterial bahan plastik. Untuk membersihkan talenan plastik, masukkan saja ke dalam mesin cuci piring, sementara untuk talenan kayu bisa memakai pembersih amonium kuaterner.

(dno)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini