nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengungkap Rahasia Dapur Gedung Putih AS, Simak 10 Fakta Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2019 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 19 298 2020251 mengungkap-rahasia-dapur-gedung-putih-as-simak-10-fakta-ini-ATCCJ9g3qs.jpg Ungkap rahasia dapur Gedung Putih AS (Foto: Dailymeal)

Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan White House atau Gedung Putih. Ya, kediaman enam lantai dengan luas tanah yang besar ini adalah pusat dari cabang eksekutif pemerintahan Amerika Serikat (AS). Tak hanya digunakan sebagai tempat kerja, Gedung Putih juga digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kepresidenan.

Tentunya banyak sekali staf rumah tangga dan para koki yang dikerahkan untuk mengurus Gedung Putih selama 24 jam. Salah satu pekerjaan penting dalam Gedung Putih adalah staf di bagian dapur. Mereka bertugas untuk memberi makan presiden dan keluarganya

Mereka diwajibkan membuat makanan sehari-hari, makanan ringan dan aneka minuman. Para staf ini juga bertanggung jawab untuk menyiapkan makan malam kenegaraan dan pertemuan penting lainnya. Mereka harus siap kapan saja untuk menjamu para presiden atau tokoh internasional yang datang ke White House.

Tentunya Gedung Putih ini memiliki rahasia tersendiri khususnya pada bagian dapur bangunan. Banyak tradisi maupun rahasia di balik dapur Gedung Putih yang tak banyak diketahui oleh orang awam. Melansir dari The Daily Meal, Selasa (19/2/2018), Okezone akan membahasnya satu per satu.

1. Beberapa keluarga presiden turut merencanakan menu makanan

Sebagaimana diketahui pengelolaan staf dapur Gedung Putih jatuh kepada ibu negara. Beberapa istri mantan presiden. Contohnya adalah Mamie Eisenhower yang sangat terlibat dalam perencanaan menu makan malam kenegaraan. Namun beberapa ibu negara lainnya seperti Eleanor Roosevelt dan Melania Trump kurang tertarik memikirkan hal ini dan menyerahkan semuanya kepada staf dapur.

2. Terdapat tombol khusus

Setiap presiden memiliki tombol di mejanya yang terletak di The Oval Office. Mereka dapat memesan makanan ringan yang mereka pilih. Donald Trump menekan tombol merah besar untuk memesan Coke segar sesuai permintaannya, sementara Barack Obama menggunakan tombol itu untuk memesan secangkir teh panas.

3. Terdapat chef eksekutif yang memegang Gedung Putih

Cristeta Comeford telah menjadi chef eksekutif di Gedung Putih selama 12 tahun. Dia adalah wanita pertama yang memegang peran dan orang Asia pertama di Gedung Putih. Ia lahir di Filipina dan beremigrasi ke AS pada 1985 ketika usianya masih 23 tahun.

Dapur Gedung Putih

4. Bahan makanan diawasi oleh FBI

Karena presiden adalah posisi yang penting, maka makanan pun dipantau secara seksama sebelum disajikan kepadanya. Makanan dari luar tidak diizinkan masuk ke dalam Gedung Putih.

5. Gedung Putih dapat menyajikan makanan dalam porsi besar

Staf dapur bisa menyajikan makan malam untuk 140 orang tamu. Jika presiden dan keluarga menjamu tamu yang lebih besar, maka para staf dapur bisa melayani lebih dari 100 orang tamu.

6. Presiden membayar apa yang mereka makan

Tak perlu khawatir, setiap akhir bulan, keluarga presiden akan diberikan tagihan belanja bulanan yang mereka keluarkan untuk makan setiap hari. Mereka harus membayar pengeluaran tersebut sendiri.

7. Staf dapur melayani setiap kebutuhan presiden 

Semakin lama seorang presiden berada di Gedung Putih, maka staff tersebut makin mengetahui keinginan sang presiden. Misalnya, Donald Trump yang suka mendapatkan saus ekstra saat makan malam. Dan dua sendok eskrim setelah makan.

8. Ada banyak dapur

Ada 132 kamar di dalam Gedung Putih. Tiga di antara ruangan tersebut adalah dapur. Selain dapur utama, Gedung Putih juga menawarkan dapur pastry dan dapur keluarga untuk Executive Residence. Mereka bisa memesan makanan itu untuk sarapan santai dan makan bersama keluarga.

Dapur Gedung Putih

9. Staf dapur memiliki ritual pergantian presiden

Transisi ini berlangsung setiap empat tahun sekali pada 20 Januari. Sampai siang hari, staf Gedung Putih masih melayani presiden. Namun setelah itu mereka memiliki enam jam untuk menyerahkan Gedung Putih dan mempersiapkan untuk presiden baru. Semua camilan di dalam pantry dibuang untuk menyambut presiden baru.

10. Staf dapur direkomendasikan turun temurun

Posisi pekerjaan sebagai staf Gedung Putih tidak diposting di LinkedIn, sebaliknya pekerjaan itu disebar berdasarkan rekomendasi dari anggota staf lain. Mereka juga akan memberikan posisi tersebut pada orang yang mereka kenal. Beberapa keluarga yang pernah bekerja di Gedung Putih akan menurunkan pekerjaan kepada salah satu anggota keluarga atau anggota keluarga lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini