nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Jentik Nyamuk, Shiren Sungkar bagi Tips Lindungi Anak dari DBD

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2019 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 19 481 2020119 waspada-jentik-nyamuk-shiren-sungkar-bagi-tips-lindungi-anak-dari-dbd-NcK6qUWoMq.jpg Shireen Sungkar berbagi tips lindungi keluarga dari DBD (Foto: @shireensungkar/Instagram)

Bagi seorang ibu, anak adalah segalanya. Maka tidak heran, yang namanya seorang ibu akan melakukan berbagai upaya untuk melindungi sang anak, memastikan anak tetap sehat dan terjaga.

Terlebih lagi di musim pancaroba yang tengah melanda sebagian wilayah Indonesia seperti sekarang. Salah satu penyakit yang menjadi momok untuk banyak orang, terutama bagi para orangtua ialah penyakit demam berdarah.

Bagaimana tak menjadi momok bagi ibu-ibu? Pasalnya, tahukah Anda dari data yang ada, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat di awal 2019 (rentang periode 1 Januari hingga 3 Februari 2019), jumlah penderita demam berdarah di Indonesia telah mencapai 16.692, bahkan 169 orang di antaranya meninggal dunia. Sekaligus di mana, kasus demam berdarah sepanjang 2019 ini hampir 90 persen kasus terjadi pada anak-anak berusia di bawah 15 tahun.

Kekhawatiran akan penyakit demam berdarah ini juga tak luput melanda artis sekaligus ibu muda tiga orang anak, Shireen Sungkar. “Apalagi ini kan korbannya kebanyakan anak-anak. Mau tidak mau pastinya jadi lebih takut, saya punya anak kecil tiga orang ya khawatir banget. Kita sebagai orang tua harus banget punya pengetahuan cukup untuk melindungi anak-anak kita,” papar Shireen saat ditemui Okezone, Selasa (19/2/2019) di bilangan Senayan.

shireen sungkar

Sebagai ibu dari tiga anak yang masih begitu belia, pesinetron satu ini mengaku begitu peduli soal kebersihan tempat tinggal dan lingkungan di sekitar kediamannya sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri dan anak-anaknya dari serangan nyamuk aedes aegypti betina sebagai pembawa virus dengue.

“Alhamdulillah di daerah rumah saya itu peduli banget soal DBD. Itu RT di rumah menggalakkan banget bersih-bersih, terus diperiksa rumah satu-satu ada jentik nyamuk atau sudah aman,” tambahnya.

Namun usaha bersih-bersih rumah dari Shireen ini tampaknya belumlah cukup, istri pesinetron Teuku Wisnu ini mengaku ia sendiri terkejut mengetahui di rumahnya ada jentik nyamuk.

“Saya tahu musim pancaroba begini langsung bersih-bersih sama ART semua di rumah. Saya bersihkan semuanya, pas rumah diperiksa kirain sudah aman. Tahunya pas dispenser dibuka, eh sudah ada jentiknya. Padahal beberapa hari yang lalu baru saja diganti. Jadi kita sebagai ibu penting banget punya pengetahuan cukup, karena banyak tempat-tempat yang enggak kepikiran bisa jadi wadah jentik nyamuk,” pungkas adik kandung Zaskia Sungkar ini.

Terakhir, sebagai perlindungan tambahan bagi ketiga anaknya dari gigitan nyamuk termasuk nyamuk aedes aegypti, Shireen menambahkan ia sendiri biasa menggunakan minyak telon.

“Selain 3M plus, biasanya untuk perlindungan anak saya oles minyak telon ke anak. Anak-anak sudah kebiasaan juga sama minyak telon, biasa minta pijat. Bonding time sekalian antara ibu dan anak juga,” tutup Shireen.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini