nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentas Wayang Bisa Jadi Ajang Berantas Narkoba, Begini Strateginya

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 19 481 2020282 pentas-wayang-bisa-jadi-ajang-berantas-narkoba-begini-strateginya-FAoM10yuoZ.jpeg Wayang bisa jadi ajang berantas narkoba (Foto: Dewi Kania/Okezone)

ADA banyak pesan moral penting yang bisa disampaikan lewat wayang. Salah satunya adalah memberantas narkoba yang merebak di kalangan generasi milenial saat ini.

Sebabnya, bahaya narkoba sangat buruk untuk kesehatan karena menyebabkan adiksi. Belum lagi obat-obatan terlarang itu bisa merenggut nyawa orang dengan cepat.

Kabag Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulistyo Pudjo menyebutkan, sekira 40 orang per hari meninggal dunia karena narkoba. Angka prevalensinya tahun 2018 sebanyak 1,77% atau sekira 3,3 juta penduduk Indonesia.

 BACA JUGA : Desainer Ikonik Karl Lagerfeld Meninggal Dunia di Usia 85 Tahun

"Pengguna narkoba ada di sekitar kita. Artinya, bahwa potensi ancaman terhadap eksistensi bangsa sulit dipertahankan dan terjadi pada orang hebat. Mereka ini sudah adiksi," tutur Pudjo saat ditemui di TMII, Jakarta Timur.

 

Karena itulah, BNN bersedia menggandeng pelaku pewayangan dalam memberantas narkoba. Ketika pementasan wayang biasanya diselipkan guyonan-guyonan, yang mengarah pada pencegahan penggunaan narkoba.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (Sena Wangi) Suparmin Sunjoyo menambahkan, paling tidak memberantas penggunaan narkoba dimulai dari pelaku pewayangan. Dari situ, kemudian mereka menularkan hal baik itu kepada para penonton lewat pertunjukan wayang.

"Para dalang mesti bebas narkoba. Lalu biasanya memberi pesan pencegahan dan pemberantasan narkoba lewat cerita wayang. Peranan wayang sudah bisa sampai kesitu.

 BACA JUGA : Dipandang Membosankan, Bagaimana agar Kesenian Wayang Dicintai Milenial?

Karenanya, sebut Suparmin, saat ini orang-orang mesti disadarkan supaya tidak terjerumus menggunakan barang haram. Apalagi ketika menggunakan narkoba bisa cepat menular ke lingkungannya.

Langkah ini dinilai sangat efektif dalam menyelamatkan generasi bangsa dari ancaman narkoba. Apalagi pementasan wayang untuk generasi milenial, mesti relevan dengan cerita kehidupan zaman now, supaya tidak membosankan.

(dno)

Berita Terkait

Kesenian Wayang

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini