nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berobat di Singapura, Annisa Pohan Jadi Suster Pribadi Ani Yudhoyono

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 13:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 20 196 2020455 berobat-di-singapura-annisa-pohan-jadi-suster-pribadi-ani-yudhoyono-DqYzHMZ5O2.jpg Ani Yudhoyono. (Foto: Instagram)

SELAMA dirawat di rumah sakit karena mengidap kanker darah, Ani Yudhoyono tetap mensyukuri segala keadaannya. Meskipun dirawat di Singapura, namun para menantunya pun bergantian untuk merawat dirinya.

Setiap hari di media sosial, Ani Yudhoyono berbagi keluh kesah saat sakit. Dia tetap berusaha bahagia, meski wajahnya tampak pucat dan tubuhnya merasa lemas.

Sehari lalu, dia pun berbagi kisah bahwa Annisa Pohan, menantu pertamanya setia menunggu Ani Yudhoyono. Sebelumnya, dia juga sangat menantikan kehadiran Annisa Pohan dari Indonesia dengan penuh harap.

Baca Juga: Supermoon Terjadi Malam Ini, Waktu Paling Pas untuk Detoksifikasi

"Suster Annisa @annisayudhoyono sudah datang, sempat berjemur matahari sebentar. Aku syukuri nikmat Allah yang ada, detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam #alhamdulillah," ucap Ani Yudhoyono lewat caption foto, sehari lalu.

Annisa Pohan pun langsung membalas di kolom komentar sang ibu mertua. Dia menyebutkan bahwa kondisi Ani Yudhoyono kini terlihat semakin membaik. "Melaporkan ke teman-teman yang menunggu kabar Ibu Ani. Alhamdulillah hari ini Memo segar dan tadi malam dapat tidur pulas," tulis Annisa Pohan.

Pada pasien kanker sejatinya dukungan keluarga sangat dibutuhkan untuk mempercepat kesembuhan. Baik itu suami, anak-anaknya, hingga menantu dan cucu yang bisa membagikan energi positif.

Psikolog Nyi Mas Diane Wulan mengatakan, setiap pasien kanker pasti mengalami perasaan shock setiap hari. Pikiran terganggu, begitu juga kondisi fisiknya yang dirasa kian memburuk. “Jangan hanya merasa terpuruk dengan penyakit. Pasien harus tetap bersosialisasi, lakukan hobi atau pekerjaan jika masih memungkinkan," ujarnya.

Baca Juga: Dugem dengan Kekasih Vanessa Angel, Pose Nomor 5 Anya Geraldine Bikin Pria Lemas!

Paling tidak saat berada di dekat keluarga, pasien kanker tetap merasa nyaman. Kalau ada keluh kesah yang mengganjal sebaiknya dibicarakan.

Selain itu, memompa rasa semangat juga pasti dilakukan. Kalau kondisi psikis pasien mendukung, keajaiban untuk sembuh pasti akan terjadi.

"Keluarga harus berperan dalam memberikan motivasi yang diperlukan, membesarkan hati pasien, mengantarkan berobat, mengingatkan waktu minum obat dan lainnya. Meski sakit, sebisa mungkin untuk bermanfaat bagi orang lain," pungkasnya.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini