nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Targetkan 1,5 Juta Wisman Australia di 2019, Kemenpar Gelar Promosi di 4 Kota Besar

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 22:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 20 406 2020705 targetkan-1-5-juta-wisman-australia-di-2019-kemenpar-gelar-promosi-di-4-kota-besar-s0HIrHq9dA.jfif Keramaian di stand Wonderful Indonesia di Brisbane (Foto: Kemenpar)

Selama bulan Februari, Kementerian Pariwisata telah melakukan kegiatan promosi di empat kota besar di Australia dalam pameran Flight Center World Travel Expo 2019. Kegiatan tersebut telah berlangsung di Sydney (2-3 Februari), Melbourne dan Perth (9-10 Februari), dan berakhir di Brisbane (16-17 Februari).

Promosi tersebut dilakukan guna menjaring lebih banyak kunjungan turis Australia. Kiagoos Irvan Faisal, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional IV Area untuk Queensland dan South Australia, mengatakan, jika melihat tren pariwisata masyarakat di Brisbane, pertumbuhan wisatawan ke Indonesia dari Brisbane masih dapat ditingkatkan.

“Upaya pemasaran yang efektif, seperti kerja sama promosi dengan maskapai, pameran, Sales Mission, dan dukungan terhadap kegiatan yang diadakan komunitas diaspora dan penduduk luar negeri di Brisbane gencar dilakukan, untuk mencapai target 1,5 juta wisman Australia pada tahun 2019,” ujar Irvan dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (20/2/2019).

 Baca Juga: 8 Fakta Unik Choupette, Kucing Karl Lagerfeld yang Berpenghasilan Rp42 Miliar Setahun

Sehari sebelum pameran Flight Center World Travel Expo berlangsung, yakni pada 15 Februari 2019, Kementerian Pariwisata mengadakan breakfast meeting yang mengundang buyer dari kalangan industri pariwisata di Brisbane. Sebanyak 74 hadirin yang terdiri dari 11 seller dari 14 hotel dan 63 buyer mengikuti kegiatan yang bertempat di Hotel Novotel Brisbane.

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kiagoos Irvan Faisal sebagai perwakilan Kementerian Pariwisata yang berkomitmen dan terus mendukung terselenggaranya pertemuan antara agen pariwisata dalam rangka meningkatkan pertumbuhan wisatawan Australia.

Pada tahun 2018, kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia mencapai 1,28 juta (1.286,108) kunjungan, jumlah ini meningkat 2,32% dibandingkan dengan 2017 (1,256.927), Pada tahun 2019 untuk mencapai target 1,5 juta wisatawan Australia diperlukan peningkatan pertumbuhan sebesar 16.65% dari jumlah kunjungan tahun 2018.

 

Pada acara breakfast meeting ini juga diberikan penghargaan kepada Judy Anglim, veteran staf Infinity Holidays dan Flight Centre yang selama 30 tahun telah menjual paket wisata ke Indonesia, terutama Bali.

 Baca Juga: Kopi Tak Cuma Pahit, Ternyata Ini Bedanya Robusta, Arabika dan Liberika

Pemberian penghargaan ini diinisiasi oleh Bali Hotels Association (BHA) yang secara simbolis diberikan oleh Kiagoos Irvan Faisal sebagai perwakilan Kementerian Pariwisata. Hadir juga dalam momen pemberian hadiah ini adalah Carmenila Vitale dari BHA dan Craig Biber, GM Bali Garden Beach Resort. Dalam sambutannya, Judy Anglim mengajak masyarakat Brisbane untuk datang berwisata ke Indonesia, terutama Bali.

“Datanglah ke Bali jika Anda belum pernah ke sana karena Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Jika sudah, kembalilah. Akan selalu ada sesuatu yang menarik dan tempat atraksi yang baru di Bali dan Bali akan selalu ada di hati saya,” ujar Judy.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini