Pakai Pakaian Putih di Aksi Munajat 212, Apa Maknanya?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 21 194 2021106 pakai-pakaian-putih-di-aksi-munajat-212-apa-maknanya-SeoulhR4Ev.jpg Munajat di Monas. (Foto: Okezone)

AKSI Munajat 212 bakal berlangsung nanti malam di Monas, Jakarta Pusat. Para pesertanya pun pasti akan berpakaian serba putih. Lantas, apa sih makna di balik pakaian putih itu?

Rupanya, setiap Muslim disunnahkan memakai pakaian berwarna putih, terutama saat beribadah, seperti salat dan pengajian.

Diungkapkan Ustadz Fauzan Amin dari Lembaga Dakwah Nahdatul Ulama (LDNU), makna dari pakaian warna putih itu lebih bersih dan lebih bercahaya. Itulah sebabnya Rasulullah menganjurkan kaumnya memakai pakaian warna putih dibanding warna lainnya.

Baca Juga: Hoax Video Habib Rizieq Joget Bareng Penari Perut, Ini 6 Belly Dancer Top Dunia

Dari Ibnu ‘Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda,

الْبَسُوا مِنْ ثِيَابِكُمُ الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ

“Pakailah oleh kalian pakaian yang putih karena itu termasuk pakaian yang paling baik. Dan berilah kafan pada orang mati di antara kalian dengan kain warna putih.” (HR Tirmidzi no 994 dan Ibnu Majah no 3566.

Dari Samurah bin Jundub RA, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْبَسُوا الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ

“Kenakanlah pakaian warna putih karena pakaian tersebut lebih bersih dan paling baik. Kafanilah pula orang yang mati di antara kalian dengan kain putih.” (HR. Ibnu Majah no 3567.

"Dari situlah, ulama sepakat bahwa pakaian warna putih dianggap lebih baik dari yang lain. Pakaian putih lebih bercahaya," tutur Ustadz Fauzan kepada Okezone.

Baca Juga: 5 Penampilan Seksi Vernita Syabilla, Pelakor di Keluarga Richie?

Dia menambahkan, ketika pakaian tersebut terkena kotoran, maka begitu tampak. Maka pakaian tersebut harus segera dicuci.

Sementara itu, pada pakaian warna lain kotoran pada permukaannya tidak begitu tampak. Seseorang tidak tahu kalau pakaian tersebut kotor. Jika dicuci pun tidak nampak bersihnya. "Itulah alasan Nabi sangat mencintai pakaian putih," tambahnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya pakaian warna putih adalah pakaian yang terbaik. Kafanilah pula salah seorang mayat di antara kalian dengan kain warna putih.

Biasanya kaum Muslim memakai pakaian putih mulai dari baju, celana sampai aksesoris peci untuk laki-laki dan kerudung untuk perempuan. Warna putih juga netral dipakai oleh siapa saja.

"Jika seseorang laki-laki memakai warna lain, tidaklah masalah. Asal tidak menyerupai warna pakaian wanita. Jika lelaki pakai warna pakaian yang identik dengan perempuan, Nabi Muhammad SAW bakal melaknatnya," ucap Ustadz Fauzan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini