nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peduli Lingkungan, Tasya Kamila Punya Trik Kurangi Jumlah Sampah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 16:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 21 406 2021070 peduli-lingkungan-tasya-kamila-punya-trik-kurangi-jumlah-sampah-M6UmaKqUuH.jpg Tasya Kamila Bicara Soal Peduli Lingkungan (Foto: Leonardus / Okezone)

INDONESIA merupakan sebuah negara yang indah dan terkenal akan pemandangan alamnya yang asri. Namun, tak bisa dipungkiri, saat ini keindahan alam Indonesia rusak karena sampah yang tidak terkendali.

Contohnya keindahan Pulau Bali yang terkenal akan pantainya harus ternodai dengan adanya tumpukkan sampah. Bahkan beberapa hewan laut seperti penyu dan paus pun ikut mengalami dampaknya dengan tidak sengaja menelan sampah.

Sebagaimana diketahui, manusia menghasilkan sampah sekira 0,8 sampai satu kilogram per harinya. Dalam setahun tercatat ada 64 juta ton sampah yang terkumpul di Indonesia. Tentu ini bukanlah angka yang terbilang kecil.

Baca juga :

Artis cantik sekaligus Duta Lingkungan Hidup, Tasya Kamila, mengatakan 75 persen masyarakat Indonesia tidak bisa mengolah sampahnya dengan baik. Ahasil 70 persen sampah yang dihasilkan penduduk Indonesia hanya berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Sebanyak 70 persen sampah yang diproduksi manusia berakhir di TPA. Hanya sebagai kecilnya saja yang diambil oleh para pemulung untuk diolah dan dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan,” kata Tasya, saat diwawancarai Okezone dalam acara Trash to Treasure, di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Dara cantik yang kini sedang hamil muda itu menjelaskan bahwa sampah memiliki dampak berbahaya bagi kelangsungan lingkungan hidup. Ya, sampah bisa menyebabkan pencemaran lingkungan yang dapat merugikan banyak orang.

“Sampah menghasilkan gas metan, dan bisa menimbulkan pencemaran udara, air, dan tanah. Hal ini akan bertambah parah apabila masyarakat tidak bisa mengolah sampah itu dengan baik,” lanjutnya.

Tak hanya menjelaskan, Tasya pun memberi kiat-kiat yang bisa dilakukan setiap orang untuk mengurangi jumlah produksi sampah agar tidak semakin membeludak. Cara yang paling efektif adalah 3 R yakni Reduce, Reuse dan Recycle.

“Reduce, Anda harus mengurangi sampah dengan mengganti pemakaian kantong plastik atau styrofoam dengan tas maupun tempat makan. Reuse, hindari barang sekali pakai agar tidak menambah jumlah sampah. Recycle, pisahkan mana sampah yang bisa diolah dan tidak bisa, agar bisa didaur ulang menjadi benda yang bernilai guna,” tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini