nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ke Dokter Jangan Cuma Berobat, Ini Pentingnya Medical Check Up

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 21:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 21 481 2021257 ke-dokter-jangan-cuma-berobat-ini-pentingnya-medical-check-up-TZvu5NbsNM.jpg Ini pentingnya medical check up (Foto: Shutterstock)

KETIKA menemui dokter yang ada di pikiran pasien sejak dulu adalah berobat. Padahal Anda bisa mendapatkan pelayanan medical check up, guna melakukan langkah preventif.

Medical check up diartikan sebagai pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh guna mencegah suatu penyakit. Karena faktor gaya hidup saat ini kerap berisiko terhadap penyakit katastropik, maka setiap orang dianjurkan untuk melakukannya.

dr Maria Dewi Indrawati SKed, mengatakan, setiap tahun paling tidak seseorang wajib melakukan medical check up setahun sekali. Tapi ketika Anda memiliki riwayat penyakit di dalam keluarga, setidaknya medical check up dilakukan dua kali dalam setahun.

 BACA JUGA : Penampilan Super Seksi BLACKPINK di "In Your Area" World Tour

"Di atas 35 tahun seseorang wajib medical check up. Sekarang trennya ke arah preventif, jadi cost-nya lebih terjangkau, dibanding datang ke dokter untuk berobat," ujarnya saat ditemui di Jakarta Pusat.

 

Dia menyarankan, untuk para lelaki saat melakukan medical check up, harus mengecek kondisi jantung dan prostat. Sementara perempuan, wajib skrining kanker payudara dan kanker rahim.

Sebabnya, tambah dr Maria, golongan penyakit tersebut saat ini prevalensinya banyak di Indonesia. Bahkan, penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia.

Sayangnya, menurut dr Maria, kesadaran masyarakat untuk melakukan medical check up tersebut masih rendah. Ada pula permasalahan yang mendasar adalah terkait biaya.

 

Seseorang malah cenderung malas medical check up, karena dianggap ada biaya tak terduga saat menjalani. Apalagi selama dirinya tidak sakit, jadi semakin mengabaikan kesehatannya.

"Padahal masyarakat diarahkan ke preventif sekarang ini lewat program skrining. Tapi pelan-pelan masyarakat disadarkan agar mau medical check up.

Direktur AXA Mandiri Handojo G Kusuma menambahkan, biar tidak malas medical check up, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang eksklusif. Ketika datang ke rumah sakit pasti tetap dilayani dengan cara memuaskan.

 BACA JUGA : Ani Yudhoyono Pakai Seragam Tentara, Netizen : "Ayune Jenengan"

"Kalau dapat pelayanan kesehatan itu tidak mesti sakit. Medical check up juga masuk ke dalam kategori itu. Kita punya pelayanan itu dan sebetulnya bisa ideal jaga kesehatan," pungkas dia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini