nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Ini Berjalan 643 Km untuk Mencari Putranya, Cerita di Baliknya Sungguh Mengharukan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Februari 2019 16:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 22 196 2021468 ibu-ini-berjalan-643-km-untuk-mencari-putranya-cerita-di-baliknya-sungguh-mengharukan-keKZmtqbZ5.jpg Nenek asal Thailand bertemu salah satu anaknya (Foto: Nextshark)

CINTA seorang ibu tidak akan pernah luntur terhadap anaknya. Ya, pernyataan ini mungkin sangat tepat untuk menggambarkan situasi yang dialami oleh wanita ini. Delapan bulan silam, seorang ibu asal Thailand meninggalkan rumah hanya demi melihat putranya yang tinggal tak jauh dari tempat tinggalnya.

Kerentaan yang sudah memakan cara berpikirnya membuat wanita tersebut mengalami demensia. Meski usianya masih berusia 59 tahun, namun ibu malang tersebut sudah seperti orang pikun. Nahas, niat untuk bertemu sang putra malah membuatnya berjalan sejauh 400 mil (sekira 643 km) menuju China.

 

Ibu malang ini bernama Kaeomanee Arjaw, berasal dari suku Akha dan tinggal di Chiang Rai yang terletak di zona Segitiga Emas pegunungan perbatasan Laos dan Myanmar. Ia dinyatakan hilang oleh keluarganya pada 12 Juni 2018 karena hendak mencari anaknya tersebut.

 Baca Juga: Paksa Istri Melacur, Pria Ini Akhirnya Dapat Karma

Petualangan sang nenek dalam mencari sang anak akhirnya berakhir pekan lalu, ketika seorang pejabat China menemukannya berkeliaran di Kunming pada akhir Januari 2019. Pejabat China tersebut menemukan identitas sang nenek yang berkewarganegaraan Thailand dan segera menghubungi konsulat setempat.

 

Hingga saat ini belum diketahui jelas, rute mana yang dilewati sang nenek untuk bisa sampai menuju China karena harus melewati perbatasan Laos dan Myanmar.

 Baca Juga: Cantik Berhijab, Netizen Malah Salfok ke Payudara Pamela Safitri

“Dia memberitahu para pejabat, bahwa ia pergi ke sana dengan berjalan kaki. Ia terus berjalan dan meminta makanan dari kios-kios di sepanjang jalan,” tutur Kolonel Aekkorn Butsabarbodin selaku polisi imigrasi Chiang Rai, sebagaimana dilansir Next Shark, Jumat (22/2/2019).

 

Mendengar sang ibu berhasil ditemukan, putri Arjaw, Suchada, yang berusia 35 tahun langsung terbang menuju Kunming untuk menjemputnya. Tangis haru pun pecah di mana sang anak saling berpelukan untuk mengobati rindu yang tak tertahankan.

Menurut Suchada, sang ibu telah kehilangan berat badan sebanyak 20 kilogram karena menempuh perjalanan jauh hingga menuju Kunming. Pasangan ibu dan anak itu lantas terbang kembali ke Chiang Rai untuk berkumpul dengan anggota keluarganya keesokan harinya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini