nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Restoran Indonesia di Amerika, Masakannya Betul-Betul Otentik

Dada Sathilla, Jurnalis · Jum'at 22 Februari 2019 11:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 22 298 2021397 3-restoran-indonesia-di-amerika-masakannya-betul-betul-otentik-z6NgMzEVTd.jpg

KELEZATAN makanan Indonesia memang tiada duanya. Apalagi bagi orang Indonesia yang tinggal di luar negeri atau sedang liburan ke luar negeri, rasa makanan Indonesia yang khas sering dirindukan.

Untungnya tak begitu sulit menemukan makanan Indonesia di Amerika Serikat. Kamu sedang nyari restoran makanan Indonesia yang rasanya otentik? Berikut restoran Indonesia di Amerika, tepatnya di kawasan Midwest.

Bagi saya dimanapun saya tinggal tantangan utamanya adalah soal makanan. Untungnya di kota tempat saya tinggal, Appleton, di negara bagian Wisconsin ada banyak restoran Asia. Sebabnya karena ada banyak orang Hmong yang tinggal di Wisconsin. Mereka adalah suku minoritas yang tinggal di Laos dan Vietnam yang terpaksa mengungsi karena perang Vietnam.

Tak heran kalau di Appleton ada banyak restoran Thailand, Vietnam dan Laos. Selain tentunya karena makanan Thailand dan Vietnam memang lagi naik daun. Selain itu, ada juga beberapa restoran Jepang dan China disini. Asyiknya, di Appleton ada juga restoran makanan Indonesia dan Malaysia. Nah kalau kamu lagi nyari makanan Indonesia di Amerika yang otentik dan dimasak sama orang Indonesia asli, berikut di antaranya :

1. Java Warung


Restoran makanan Indonesia dan Malaysia ini telah buka di Appleton sejak tahun 2013. Buka setiap jam lunch (11.00-14.00) dan dinner (17.00-21.00), Java Warung menyediakan masakan rumahan Indonesia yang rasanya sama persis dengan di Indonesia seperti rendang, sate ayam, ayam penyet, soto ayam, lontong sayur, bakso, siomay, batagor dan tongseng/ gulai kambing. Ada juga pilihan nasi seperti nasi campur, nasi kuning dan nasi pecel. Bagi yang terbiasa makan gorengan, Java Warung juga menyediakan aneka gorengan dan jajanan pasar sebagai appetizer. Mulai dari tahu isi, lumpia, pastel dan kroket bisa ditemukan di sini.

Sesuai dengan konsepnya sebagai home cooking restaurant, setiap jam makan siang, Java Warung menyediakan buffet all you can eat makanan Indonesia atau prasmanan yang biasa kita lihat di rumah makan atau warung prasmanan di Indonesia.

Untuk menu buffet, pilihan makanannya lumayan banyak mulai dari mie dan bihun goreng, opor ayam, telur dadar, bistik, sayur lodeh dan gorengan. Lunch buffet di Java Warung tersedia setiap hari selasa-sabtu. Harganya juga reasonable, mulai dari USD9 per orang.

Tak cuma sering disinggahi oleh orang Indonesia dan Asia yang tinggal di Amerika, tapi banyak juga warga Amerika yang doyan makan di sini. Salah satu sebabnya karena banyak makanan di sini yang tidak mengandung protein gluten (gluten free) dan banyak pilihan vegan food. Rasanya yang persis sama dengan makanan yang dijual di Indonesia dikarenakan chef restorannya asli orang Indonesia. Java Warung dimiliki oleh Enny Picket, warga Surabaya yang telah tinggal di Amerika Serikat lebih dari 10 tahun. Selain mengelola restoran, ia juga merangkap sebagai head chef di restoran yang berada di Richmond Street.

2. Rickshaw Republic

Kalau sedang jalan-jalan ke Chicago dan kangen makanan Indonesia bisa coba mampir ke Rickshaw Republic. Sesuai namanya yang ada becaknya restoran yang berada di Lincoln Avenue, Chicago ini menyajikan masakan Indonesian street food yang biasa kita temui dan beli di pedagang kaki lima di Indonesia.

Menu andalan mereka adalah Rijsttafel atau rice table, yaitu menu Belanda yang sebenarnya ditiru Belanda karena terinspirasi dari cara orang Padang menyajikan aneka makanannya di atas meja. Rijsttafel terdiri dari bermacam masakan Indonesia seperti nasi putih, urap, gulai ayam, sate ayam, sayuran, kerupuk dan lain sebagainya yang disajikan di atas meja. Cocok dipilih buat makan ramai-ramai nih. Rijsttafel untuk 2-4 orang harganya USD27 per orang.

Selain menu Rijstaffel, ada juga pilihan street food Indonesia lainnya seperti nasi rames, nasi goreng, ayam penyet, rendang, pepes ikan, mie goreng, oseng tempe, batagor dan gado-gado. Tuh kan persis sama dengan yang kita sering lihat di pinggir jalan ?

Rickshaw Republic dimiliki oleh keluarga Setiawan yang memang asalnya dari Indonesia, tepatnya dari Palembang. Kalau mau kesini, sebaiknya datang sore karena Rickshaw Republic Chicago ini buka mulai jam 5 sore dan tutup setiap hari senin.

3. Bandung Restaurant

Di ibu kota negara bagian Wisconsin, Madison, yang terkenal dengan Universitas Wisconsin Madison-nya ada sebuah restoran makanan Indonesia, yaitu Bandung Restaurant. Restoran ini menyajikan aneka makanan Indonesia yang tentunya familiar di lidah kita untuk menu lunch dan dinner seperti nasi goreng, mie goreng, sate ayam, lele, ikan rica-rica, oseng-oseng tempe, bebek bakar, dan opor ayam.

Bagi kamu yang vegan atau vegetarian ada juga pilihan menu khusus vegan/ vegetarian seperti sate tempe, gado-gado, sambal goreng tempe, serta sambal goreng pepaya.

Baca Juga : Ternyata Tanaman Ini Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Pilihan street food juga lumayan lengkap di sini seperti tempe goreng, tahu goreng, pempek, juga martabak telor. Harga makanannya masih reasonable, yaitu mulai dari USD8,95 per menu. Bandung Restaurant buka untuk lunch setiap senin – jumat jam 11.00 – 13.45 dan dinner setiap hari mulai jam 17.00 – 20.45. Serunya lagi, kalau lagi kangen tempe restoran ini menyediakan aneka menu berbahan tempe yang dibuat sendiri. Jadi rasanya pasti sama dengan tempe di Indonesia.

Baca Juga : Cantik Berhijab, Netizen Malah Salfok ke Payudara Pamela Safitri

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini