nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penderita Hipertensi, Olahraga Ini Bagus untuk Anda

Amanda Rahma, Jurnalis · Jum'at 22 Februari 2019 19:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 22 481 2021646 penderita-hipertensi-olahraga-ini-bagus-untuk-anda-r4l5iwy7OM.jpg Olahraga yang tepat untuk hipertensi (Foto:Ist)

RISIKO tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan melakukan beberapa olahraga atau perubahan gaya hidup. Anda bisa mencegah gejala hipertensi yang mematikan dan membuat Jantung Anda lebih kuat, dengan secara teratur melakukan olahraga ini.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang yang dialami oleh 25 persen dari semua orang dewasa. Kondisi ini, yang juga dikenal sebagai hipertensi, memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah dan organ vital. Anda dapat menurunkan kemungkinan terkena gejala tekanan darah tinggi dengan tetap aktif, dan dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Sudah terbukti salah satu latihan terbaik untuk mengurangi tekanan darah Anda, dan meningkatkan kekuatan jantung Anda, adalah berenang.

Menurut situs web medis WebMD, berenang adalah latihan aerobik yang membantu menurunkan tekanan darah Anda. Latihan aerobik memaksa tubuh untuk memaksimalkan jumlah oksigen dalam tubuh, dan jantung anda akan berdetak lebih cepat. Ini melatih jantung untuk memompa darah lebih efisien, yang selanjutnya akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Membuat olahraga menjadi kebiasaan dapat membantu menurunkan tekanan darah anda. Ini juga memberi Anda lebih banyak energi, dan ini cara yang bagus untuk meredakan stres dan membuat anda merasa lebih baik. Karena gaya hidup yang aktif baik untuk tekanan darah Anda, dokter anda juga mungkin akan mendukungnya.

Baca Juga:

Garis Terminator Pemisah Belahan Bumi Siang dan Malam, Ini Penampakannya

Cantik Berhijab, Netizen Malah Salfok ke Payudara Pamela Safitri

Anda tidak perlu pergi ke gym. Anda hanya perlu cukup aktif sehingga membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya. Itu juga dapat dilakukan dengan jalan cepat, jogging, berenang, bersepeda, angkat beban atau melakukan pekerjaan halaman.

 

Olahraga kardiovaskular atau aerobik ini dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda dan membuat jantung anda lebih kuat.

Jika Anda memutuskan untuk berenang, Anda harus melakukan sekitar 150 menit dalam satu minggu. Tapi, itu tidak harus dilakukan sekaligus. Itu dapat dibagi menjadi lima sesi setiap sesinya dilakukan selama 30 menit, jika Anda mau.

Namun, jika Anda tidak terbiasa berolahraga, sebaiknya Anda melakukannya secara bertahap hingga 150 menit. Jika perlu beberapa minggu untuk sampai ke sana, itu tidak masalah.

Anda juga bisa menurunkan tekanan darah dengan melakukan diet sederhana. Penting untuk membatasi jumlah garam dalam makanan Anda. Hindari makan lebih dari 6 gram atau setara dengan satu sendok teh garam dalam satu hari. Semakin banyak garam yang Anda makan, semakin tinggi tekanan darah Anda.

Tekanan darah tinggi sering dikenal sebagai 'pembunuh diam-diam', karena gejalanya hanya cenderung menunjukkan diri jika Anda memiliki tekanan darah yang sangat tinggi. Gejala-gejala tekanan darah tinggi yang umum seperti menemukan darah dalam urin Anda, nyeri dada yang ekstrem, dan sakit kepala parah.

Bicaralah dengan dokter atau apoteker untuk memeriksa tekanan darah Anda. Setiap orang di atas 40 tahun harus memeriksa tekanan darah mereka setidaknya setiap lima tahun sekali.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini