nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Robot Ular, Alat Canggih yang Mampu Hancurkan Kanker

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 23 Februari 2019 12:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 23 196 2021828 mengenal-robot-ular-alat-canggih-yang-mampu-hancurkan-kanker-NrSXVl3rlq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEIRING meningkatnya teknologi, terutama di bidang kesehatan, semakin banyak alat-alat canggih yang digunakan untuk membantu para dokter, contoh saja operasi kanker yang bisa diatasi dengan robot. Ya, robot ular ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia untuk mematikan sel kanker.

Robot ular tersebut berukuran 30 cm yang mampu bekerja mengobati pasien kanker dengan teknologi mutakhir. Robot yang dirancang oleh OC Robotics itu akan masuk ke dalam tubuh manusia untuk mendeteksi dan mengangkat tumor.

Tingkat keberhasilan operasi dengan robot ular ini pun dianggap tinggi. Meski tetap dioperasikan dengan dokter bedah yang handal, tapi bisa membantu memudahkan pekerjaan sang dokter.

Baca Juga: Dugem dengan Kekasih Vanessa Angel, Pose Nomor 5 Anya Geraldine Bikin Pria Lemas!

Terobosan teknologi robotik itu bahkan pernah dipamerkan dalam Konferensi Internasional, khususnya di bidang teknologi onkologi. Lebih tepatnya di Universitas Leeds, Inggris.

Perwakilan Badan Penelitian Cancer Research UK Safia Danovi mengatakan, inovasi robotik itu sangat dibutuhkan oleh tim bedah karena bisa membantu mempermudah pekerjaannya. Pasien pun bisa melakukan operasi singkat dengan tingkat keberhasilan yang besar.

"Berkat penelitian, inovasi seperti pembedahan dengan hanya membuat lubang kecil dan juga penggunaan robot membantu perawatan pasien kanker," ujarnya, dilansir Okezone dari BBC, Sabtu (23/2/2019).

Baca Juga: Hoax Video Habib Rizieq Joget Bareng Penari Perut, Ini 6 Belly Dancer Top Dunia

Dia menjelaskan, robot ular ini dapat menggantikan tugas dokter bedah dalam meneliti tubuh pasien. Caranya dengan menggunakan kamera dan peralatan dalam robot yang sangat sensitif.

Dalam 10 tahun terakhir, robot canggih memakai teknologi mesin Da Vinci. Dikembangkannya oleh perusahaan Amerika Intuitive Surgical. "Robot tersebut bekerja untuk membantu ahli bedah mengendalikan operasi kanker," kata Sophie Lantermann.

Dengan adanya robot tersebut pasti dianggap meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Karena WHO menyebutkan penyakit kanker menyebabkan kematian sekitar 13 persen setiap tahun di seluruh dunia.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini