nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1.000 Sepeda Akan Manjakan Wisatawan yang Berlibur di Yogyakarta

krjogja.com, Jurnalis · Sabtu 23 Februari 2019 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 23 406 2021919 1-000-sepeda-akan-manjakan-wisatawan-yang-berlibur-di-yogyakarta-aB3Kvm16Hj.jpg 1.000 sepeda akan manjakan wisatawan yang liburan di Yogyakarta (Foto: @jogja.bike/Instagram)

Respons masyarakat terutama wisatawan yang tengah berkunjung ke Kota Yogya terhadap aplikasi sepeda sharing, Jogjabike, cukup tinggi. Unit sepeda saat ini pun terus diperbanyak guna memanjakan warga dalam menikmati suasana Yogya.

Sejumlah wilayah strategis yang kerap dijangkau wisatawan kini tengah dipetakan guna penempatan ShelterPit sebagai penempatan sepeda yang dapat diakses publik.

"Ini menjadi sarana alternatif untuk menikmati Yogya. Meski jumlah sepeda akan terus ditambah namun semua bertanggung jawab untuk merawatnya," ungkap Walikota Yogya Haryadi Suyuti.

Agar masyarakat dapat menikmati layanan sepeda sharing tersebut, maka harus mengunduh aplikasi 'Inabike' terlebih dahulu melalui telepon pintar. Langkah selanjutnya cukup melakukan pemindaian kode 'QR' yang tertera pada stang sepeda melalui aplikasi. Sedangkan untuk pengembalian sepeda dapat dilakukan di ShelterPit terdekat usai digunakan.

jogja bike

(Foto: @jogja.bike/Instagram)

Haryadi menilai, salah satu nilai jual pariwisata di Kota Yogya ialah suasana dan kebudayaannya. Sehingga tidak heran, sejak digulirkan pada akhir Oktober 2018 lalu Jogjabike langsung mendapat respons positif. Jumlah pengguna aktif layanan aplikasi sepeda sharing itu pun sudah mencapai belasan ribu orang.

"Aplikasi Jogjabike atau Inabike ini merupakan salah satu pengembangan smart city yang kami lakukan bekerja sama dengan kelompok masyarakat. Harapan kami memang mampu memberikan warna baru dalam memperkuat pariwisata di Kota Yogya," ujarnya.

Pada tahun ini ditargetkan akan ada 1.000 sepeda dengan 15 unit ShelterPit. Beberapa lokasi yang sudah memiliki ShelterPit antara lain Taman Pintar, Kepatihan, Loco Cafe, Benteng Vredeburg, Malioboro Mall serta depan SKH Kedaulatan Rakyat. Pengadaan sepeda tersebut dengan menggandeng berbagai pihak seperti Pertamina Foundation, Bank Mandiri, PT Wijaya Karya, PT Bank BPD DIY serta Kagama.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini