Waspada ISPA, Ini 4 Tips Ampuh Hindari Virus Penyakit di Musim Pancaroba

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 23 Februari 2019 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 23 481 2021914 waspada-ispa-ini-4-tips-ampuh-hindari-virus-penyakit-di-musim-pancaroba-c2Q0Dz9pvF.jpg Konsumsi makanan sehat cegah virus di musim pancaroba (Foto: Healthyharlem)

Batuk merupakan masalah umum dan merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada masa pancaroba. Bahkan, berdasarkan sebuah penelitian, 1 dari 3 orang mengalami batuk dalam 3 bulan terakhir.

Oleh karena itu, memasuki musim pancaroba, batuk akibat cuaca yang tidak menentu adalah penyakit yang patut diwaspadai mengingat pada situasi tertentu akan menyebabkan Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Hal ini sempat dijelaskan secara gamblang oleh, Dr. Riana Nirmala Wijaya, selaku Sanofi Medical Expert.

“Perubahan cuaxa dan tempertatur pada masa pancaroba akan memengaruhi daya tahan tubuh. Alasannya, tubuh akan otomatis bekerja lebih keras untuk menyesuaikan diri dengan temperatur yang ada di sekitarnya,” turur Riana, dalam talkshow Bisolvon bertajuk “Jangan Batuk Berdahak Jauhkan yang Dekat”, di Kota Kasablank, Sabtu (23/2/2019).

Lebih lanjut, Riana menjelaskan, pada saat itulah sistim imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit (virus) menjadi berkurang. Alhasil, pada musim pancaroba, banyak orang yang terserang penyakit, terutama batuk, flu, dan ISPA.

Jumlahnya pun tergolong banyak. Data yang dikeluarkan Risdeskas 2015 menyebutkan bahwa, 25% penduduk Indonesia menderita ISPA. Hal ini membuktikan bahwa angka penderita ISPA di dalam negeri masih terbilang tinggi.

“Jika tidak segera diobati, flu, batuk, atau ISPA bisa memicu komplikasi fisik, termasuk penyakit paru-paru,” tegas Riana.

Untuk mencegah virus dan bakteri penyakit di musim pancaroba, Riana mengungkapkan beberapa tips ampuh yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ulasan lengkapnya.

Menjaga kebugaran

Menjaga kebugaran tubuh bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga, idealnya 30 menit sehari tapi harus dilakukan secara konsisten. Bentuk-bentuk olahraga yang bisa dilakukan antara lain jogging di sekitar rumah, mengunjungi tempat fitnes, atau sekedar bersepeda.

jogging

Konsumsi buah dan sayuran

Kedua makanan ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Misalnya vitamin C yang dipercaya dapat meningkatkan day daya tahan tubuh, dan vitamin E yang mengandung anti oksidan.

Perbanyak minum air putih

Sesuai dengan anjuran dokter, semua orang disarankan untuk meminum 8 gelas atau 2 liter air mineral per hari. Air putih dinilai dapat meningkatkan metabolisme, sehingga daya tubuh akan tetap terjaga dengan baik.

Menjaga kebersihan diri

Cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan mencuci tangan secara teratur. Selain itu, jagalah kebersihan lingkungan, karena sekarang juga lagi musimnya demam berdarah. Jangan biarkan ada sampah yang menumpuk, dan genangan air di sekitar rumah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini