nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Forpheus, Robot yang Jago Main Pingpong

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 24 Februari 2019 20:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 24 406 2022167 mengenal-forpheus-robot-yang-jago-main-pingpong-1IYKhhdTPk.jpg Main Ping Pong dengan Robot (Foto: Odiddy Central)

KEHADIRAN robot dalam kehidupan terkadang bisa sangat membantu manusia. Meski beberapa robot memiliki kekurangan dan tidak bisa menjalankan tugasnya dengan sempurna, namun tak sedikit dari mereka yang bisa meniru kegiatan manusia dengan baik.

Peran robot untuk membantu kegiatan manusia sehari-hari mungkin sudah biasa, namun apa jadinya jika ada robot yang memiliki kemampuan lebih di bidang olahraga? Tentunya, Anda akan sangat bersemangat untuk berolahraga karena tak perlu repot untuk mencari partner.

Ya, belum lama ini sebuah pameran memperkenalkan sebuah robot yang memiliki keahlian layaknya seseorang yang bermain ping-pong. Robot pintar dan memiliki tingkat akurasi tinggi ini diberi nama Forpheus.

Sebagaimana dilansir ABC, Minggu (24/2/2019), robot unik setinggi tiga meter ini dibuat oleh perusahaan teknologi Jepang bernama Omron. Sejak diperkenalkan robot ini berhasil menyita banyak perhatian masyarakat setiap kali dimainkan.

Situs web Omron menyatakan perangkat lunak tersbeut dapat memprediksi pergerakan lawannya saat bermain ping-pong. Selain itu Forpheus bisa mengetahui jenis tembakkan yang direncanakan lawannya, bahkan memprediksi sebuah pukulan yang akan dilakukan.

Tentu banyak yang penasaran bagaimana robot ini bekerja? Ya, dengan menggunakan kombinasi kamera yang dipasang di kiri dan kanan robot, serta teknologi AI, Forpheus dapat menghitung kecepatan dan rotasi bola hingga 80 kali per detik. Ia juga mampu memprediksi lintasan yang akan dilalui bola.

Forpheus juga dilengkapi dengan sebuah alat pemukul yang terkoneksi langsung dengan kamera AI. Terdapat motor yang akan menggerakan serta mengarahkan bet ke kiri dan ke kanan sesuai dengan arah datangnya bola.

Forpheus kemudian secara cepat akan menggerakkan bet ke lintasan yang akan dilalui bola untuk mengembalikan servis dari pemain lawan. Dalam sebuah cuplikan video, terlihat tingkat akurasi Forpheus sangatlah tinggi hingga sulit dikalahkan manusia aslinya.

   

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini