7 Tanda Hubungan dengan Pacar Bisa Merusak Pertemanan, Harus Memilih?

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 25 196 2022677 7-tanda-hubungan-dengan-pacar-bisa-merusak-pertemanan-harus-memilih-ZDPwtj11KF.jpg Hubungan pacaran bisa merusak pertemanan (Foto: Bustle)

Tidak ada yang pernah mengatakan bahwa menjalankan hubungan romantis dengan hubungan lain dalam hidup Anda itu mudah. Tetapi mencari cara untuk berbagi waktu pada pasangan Anda dan orang-orang penting lain dalam hidup Anda itu sangat berharga.

Pada tahap awal berkencan, normal untuk menghabiskan banyak waktu bersama pasangan karena Anda dapat semakin mengenal satu sama lain. Tetapi jika hubungan Anda menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda, tidak membagi waktu untuk pertemanan Anda, maka mungkin saatnya untuk berhenti sejenak dan berpikir kembali mengapa ada ketidakseimbangan tersebut.

Ini dia 7 tanda yang harus diwaspadai untuk menjaga pertemanan Anda. Dilansir dari Huffpost, Selasa (26/2/2019).

1. Anda sering membatalkan rencana dengan teman-teman Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasangan Anda.

Seorang ahli terapi, Anna Poss mengatakan kalau keseimbangan adalah kunci dari hubungan yang sehat.

“Jika ternyata Anda sering membatalkan pertemuan dengan teman untuk menghabiskan waktu bersama pacar, Anda berpotensi membahayakan persahabatan dan hubungan Anda. Teman-teman Anda mungkin akan terluka dan kesal, dan kemudian, Anda mungkin merasa kesal dengan waktu yang Anda berikan dalam hubungan Anda dengan mengorbankan persahabatan Anda,” ujar Poss.

pacaran

2. Anda mendapat kabar besar dari teman Anda - pekerjaan baru atau hubungan- di media sosial.

“Biasanya kamu akan tahu jika temanmu mendapat pekerjaan baru, liburan atau memulai hubungan baru. Jika Anda pertama kali mengetahui peristiwa besar ini di media sosial, mungkin hubungan hal tersebut telah memengaruhi seberapa terhubung Anda dengan teman-teman Anda, ” tutur seorang psikolog, Marie Land.

3. Saat Anda bersama teman, yang Anda bicarakan hanyalah pacar Anda.

Sangat umum kalau Anda bersemangat mengenai hubungan Anda dan ingin membicarakannya dengan teman-teman Anda. Namun, penting bahwa banyak hal lain yang bisa dibicarakan dengan teman Anda. Pastikan Anda berbicara tentang aspek lain dari kehidupan Anda juga. Dan juga pastikan untuk secara teratur bertanya tentang kehidupan teman-teman Anda. Dan ketika Anda menanggapi apa yang mereka ceritakan, tetap fokus pada mereka dan apa yang mereka ceritakan tentang diri mereka sendiri.

4. Terlalu sering mikirin pacar membuat sulit untuk berhubungan dengan teman-teman Anda.

“Anda harus dapat mengikuti percakapan dan benar-benar tertarik dengan apa yang terjadi dengan teman-teman Anda. Jika Anda tidak bisa fokus pada hal-hal yang dikatakan teman Anda yang biasanya menarik bagi Anda, maka hubungan romantis Anda yang bikin gagal fokus,” kata Land.

5. Pasangan Anda tidak membiarkan Anda menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga.

Untuk fokus pada pacar Anda memang suatu hal yang normal, apa yang tidak normal atau sehat adalah pasangan yang mendorong Anda untuk melepaskan hubungan pertemanan Anda. Seorang pacar yang mencoba mengisolasi Anda atau mengakhiri hubungan Anda dengan keluarga dan teman adalah pertanda merah dan tanda awal dari suatu hubungan yang tidak sehat. Pelaku kekerasan dapat menjadi manipulator yang terampil dan mereka dapat melakukan upaya mereka secara halus, bahkan membuatnya merasa bahwa itu adalah ide Anda untuk menghabiskan lebih sedikit waktu dengan orang lain.

pertemanan

6. Pasangan Anda iri dengan ikatan dekat yang Anda miliki dengan teman-teman Anda.

Seorang ahli terapi keluarga dan pernikahan, Aaron Anderson mengatakan kalau banyak orang yang berpikir bahwa pacar yang iri dengan suatu pertemanan dan membuat Anda menjauhi mereka adalah suatu yang normal. Tapi ternyata tidak semua seperti itu.

“Orang-orang memiliki banyak segi dan kompleks. Mereka membutuhkan banyak hubungan untuk mengisi banyak kompleksitas mereka. Anda membutuhkan keluarga, teman, rekan kerja atau orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Jika pacar Anda cemburu dengan salah satu dari hubungan ini, maka perlu diwaspadai. Dan tergantung pada tingkat keparahannya, itu bahkan bisa menjadi gejala dari hubungan yang suka mengendalikan, ” ujarnya.

7. Teman-teman Anda menghindari pertemuan dengan Anda ketika Anda bersama pacar Anda, dan jarang mengajak pacar Anda untuk berkumpul bersama mereka.

“Jika Anda menyadari bahwa teman-teman Anda tidak ingin bergaul dengan Anda ketika Anda bersama pacar Anda, itu karena mereka tidak menyukai pacar anda atau mereka tidak menyukai Anda ketika sedang bersama dia. Ini bisa jadi karena Anda berbeda ketika Anda berada di dekat pacar Anda dan mereka tidak menyukai Anda menjadi seperti orang lain. Jika ini masalahnya, Anda harus mempertanyakan diri Anda kenapa Anda bisa berubah,” imbuh Anderson.

Anderson juga mengatakan kalau teman anda tidak mengajak pacar Anda untuk berkumpul bersama, maka ada alasannya. Biasanya kalau hal itu terjadi berarti hubungan Anda dengan pacar mengganggu pertemanan Anda. Jangan sampai Anda harus memilih antara pertemanan dan pacar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini