nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip 3 Momen Kulineran Ganjar Pranowo, Sedap Banget!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 25 298 2022669 intip-3-momen-kulineran-ganjar-pranowo-sedap-banget-XZQDG3gVaG.jpg Intip momen kulineran Ganjar Pranowo (Foto: @ganjar_pranowo/Instagram)

Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, telah lama dikenal sebagai salah seorang pejabat yang memiliki gaya hidup sehat, namun juga punya hobi wisata kuliner.

Bahkan, akun instagram pribadinya kini tidak hanya dijadikan sebagai platform untuk memberikan informasi terkini seputar daerah pemerintahannnya, tetapi juga dihiasi oleh video-video singkat (vlog) berisikan momen kulineran Ganjar di sejumlah daerah di Indonesia.

Penasaran seperti keseruan Ganjar saat menikmati berbagai hidangan lezat? Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, Senin (25/2/2019).

Pecel Madiun di Solo

Belum lama ini, Ganjar kedapatan sedang berwisata kuliner di Kota Solo, Jawa Tengah. Alih-alih mencicip nasi liwet yang menjadi kuliner khas kota tersebut, Ganjar menjatuhkan pilihannya pada olahan pecel madiun yang ia temui di dekat kediaman Presiden Joko Widodo.

Momen wisata kulinerannya pun terekam dalam sebuah vlog singkat yang diunggah di akun instagram pribadinya, @ganjar_pranowo. Layak ya seorang vlogger handal, Ganjar menjelaskan satu per satu keunikan pecel madiun yang sudah tersaji di hadapannya.

“Di dekat rumah Pak Jokowi ternyata ada Pecel Madiun. Karena kita memang lapar jadi mampir disini. Ini menarik ada peyek-peyek, serundeng, kemudian ada sambal tempe, dan pasti ada ini, karak. Yuk kita coba pecel madiun tapi di Solo,” ungkap Ganjar sebelum melahap hidangan lezat tersebut.

Kalap makan petai

Saat melakukan kunjungan ke daerah Cilacap, Ganjar juga sempat meluangkan waktu mencicipi kuliner khas yang ada di daerah tersebut. Kali ini mencicipi sejumlah hidangan lezat di Rumah Makan Bumi Ayu, milik Hj. Siti Fatimah.

Salah satunya adalah petai rebus dan gudangan yang sukses menarik perhatian Ganjar. Tidak banyak yang menyangka bahwa seorang pejabat pemerintah sekelas Ganjar ternyata tidak malu-malu menunjukkan kegemarannya menyantap kudapan beraroma tajam tersebut.

“Sekarang kita lagi di Rumah Makan Bumiayu. Ada (petai) dahsyat toh? Ada gudangan tapi kok pakai kuah ya, ini gudangan nyentrik. Lalu ada sambal tempe pedas. Nah, yang TOP di sini ayamnya,” ujar Ganjar dalam vlognya.

Dalam keterangan video, Ganjar sempat menjelaskan secara singkat tentang keunikan Gudangan, salah satu kuliner khas Jawa Tengah.

“Gudangan ini isinya aneka sayur direbus kemudian disajikan dengan sambal kelapa parut. Mantap!,” tulis Ganjar.

Sup Iga di Pekalongan

Petualangan Ganjar dilanjutkan ke daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Di tempat ini, ia mencicipi salah satu kuliner favorit penduduk setempat yakni, olahan iga di Rumah Makan Bu Leman. Pilihan menunya jatuh pada olahan sop buntut kuah dan iga bakar.

Benar saja, dilihat dari ekspresinya, Ganjar memang tampak menikmati betul olahan sop buntut yang disajikan lengkap sengan taburan bawang goreng, potongan buntut sapi rebus, dan kuah kaldu yang gurih. Sementara di sisi kanannya, sudah menunggu iga bakar yang siap untuk disantap.

“Kalo mampir ke Pekalongan jangan lupa mampir ke Rumah Makan Bu Leman. Disini ada sop terbaik, yaitu Sop Buntut Kuah,” ungkap Ganjar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini