nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Berusia 14 Tahun, Bocah Ini Ciptakan Reaktor Nuklir di Kamar Tidurnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 19:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 25 612 2022611 baru-berusia-14-tahun-bocah-ini-ciptakan-reaktor-nuklir-di-kamar-tidurnya-pbFN8DgJrh.jpg Jackson Oswalt bisa ciptakan reaktor nuklir (Foto: Express)

PERKEMBANGAN teknologi di dunia membuat banyak orang tertarik untuk membuat berbagai penemuan dan ide-ide kreatif menggunakan kecanggihan yang sudah ada. Alhasil banyak hal baru yang berhasil diciptakan oleh masyarakat berbekal dengan ilmu sains yang mereka miliki.

Salah satu sosok yang tertarik untuk membuat sebuah penemuan besar yang berbeda adalah Jackson Oswalt. Di usianya yang baru menginjak 14 tahun, ia telah berhasill membangun reaktor nuklir fusion di kamar tidurnya. Bahkan ia menjadi orang termuda yang berhasil membuat karya menakjubkan tersebut.

Oswalt mengaku dirinya bisa menciptakan penemuan canggih tersebut hanya dengan belajar tentang reactor nuklir fusion dari beberapa orang yang telah melakukan hal tersebut. Meski belajar secara otodidak, namun Oswalt berhasil mengembangkan proyeknya dengan lancar.

 Baca Juga: Bertabur Bintang Hollywood, Ini Menu Lezat di Gelaran Oscars 2019

“Awal prosesnya hanyalah belajar tentang apa yang telah dilakukan orang lain dengan reaktor nuklir fusion mereka. Setelah itu saya mengumpulkan daftar bagian yang dibutuhkan dari eBay,” terang Oswalt, sebagaimana dilansir dari Daily Star, Senin (25/2/2019).

Meski ia bisa mendapatkan beberapa part dari situs belanja online, namun bocah yang berasal dari Memphis, Tennessee tersebut kerap mendapatkan bagian yang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. Akhirnya ia pun harus memodifikasinya agar cocok dengan proyek yang ia lakukan.

 

“Seringkali bagian-bagian yang berhasil saya dapatkan dari eBay tidak persis seperti yang saya butuhkan. Jadi, saya harus memodifikasinya untuk dapat melakukan apa yang perlu saya lakukan untuk proyek saya,” lanjutnya.

 Baca Juga: Datang ke Oscars 2019, Lady Gaga Pamer Kalung Rp422 Miliar

Sebagaimana diketahui, perangkat yang diciptakan Oswalt menggunakan 50 ribu volt listrik untuk memutar gulungan dengan kecepatan sekira 10 kali lebih cepat dibandingkan turbin mesin jet. Sang orang tua pun mendukung pekerjaan anaknya.

 

Orangtua Oswalt bahkan ingin membantu anak-anak yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk melakukan penelitian. Ayah Oswalt, Chris Oswalt mengatakan bahwa ia mengizinkan putranya untuk mengerjakan proyek nuklir tersebut.

Untuk memastikan keselamatannya, ia meminta para ahli berbicara kepadanya tentang bahaya bekerja dengan bahan radioaktif sistem listrik tegangan tinggi. Kabarnya nuklir fusion bisa menjadi alternatif yang bersih dan aman untuk menggantikan bahan bakar fosil. Perkiraan ilmiah saat ini memperkirakan bahwa pabrik nuklir fusion harus dibangun dalam 30 hingga 60 tahun mendatang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini