nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangga, 2 Anak Indonesia Juarai Lomba Lukis Bertema Lingkungan di Jepang

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 23:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 25 612 2022748 bangga-2-anak-indonesia-juarai-lomba-lukis-bertema-lingkungan-di-jepang-dPHu2KS1W7.jfif Farhan dan Sherly bersama lukisannya yang menang di Jepang (Foto: Ist)

Sherly Vermont Kwerni dan Farhan Wibisono membawa kabar yang membanggakan. Pasalnya, dua anak Indonesia ini memenangkan Lomba Melukis Lingkungan Internasional Kao.

Kedua pelajar SMP ini berhasil menjadi pemenang dari 12.563 lukisan dari 44 negara. Sebelum ke Jepang, di Indonesia karya mereka bersaing dengan 4.379 lukisan.

Farhan yang berusia 14 tahun melukis tentang kehidupan bercocok tanam di desanya. Ia mengambil inspirasi dari keadaaan di sekitarnya dan di Indonesia secara luas. Termasuk terjadinya bencana alam yang merupakan dampak daru tanah gundul.

"Dalam lukisan itu ada beberapa tahap, langkah pertama adalah mengolah tanah dan menanam bibit pohon dengan baik. Pada tahap kedua menunjukkan bahwa masyarakat senang dan lebih rajin merawat tanaman," ujar Farhan saat ditemui di Jakarta, Sabtu, 23 Februari 2019.

 Baca Juga: Buang Sampah Sembarangan, Perempuan Ini Langsung Kena Batunya

Sementara itu, Sherly melukis tentang impiannya akan lingkungan yang hijau di masa depan. Ia memberi pesan setiap orang harus berpartisipasi dalam mengatasi pemanasan global, mulai dari menanam pohon, dan membuang sampah di tempat yang tepat.

"Kita dapat mulai berkampanye untuk penggunaan energi terbarukan, teknologi alternatif, dan cinta lingkungan," ujar Sherly.

 Senior Manager Corporate Communications and Head Committee Painting Contest Kao Indonesia

Lukisan para pemenang dari seluruh kategori individu telah dipamerkan di booth Kao dalam pameran Eco-Pro yang digelar di Tokyo Big Sight, Jepang pada 8 Desember 2018.

Senior Manager Corporate Communications and Head Committee Painting Contest Kao Indonesia, Johny Lay mengatakan Farhan dan Sherly layak menjadi pemenang karena karya lukisannya menginspirasi anak-anak lain untuk menjaga lingkungan.

 Baca Juga: Baru Berusia 14 Tahun, Bocah Ini Ciptakan Reaktor Nuklir di Kamar Tidurnya

"Pencapaian ini tentu sangat menggembirakan bagi Kao Indonesia. Mereka seolah mewakili tingginya harapan anak bangsa untuk kelestarian bumi yang dapat diwujudkan ke dalam tindakan nyata sederhana sehari-hari," ungkap Johny.

Ia menambahkan, Lomba Melukis Lingkungan Kao adalah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Ia juga mengatakan Kao Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) melalui program Remaja Kao.

"Tema yang diusung adalah 'Eco Together'. Lewat kontes ini, anak-anak diajak untuk aktif menjadi agen perubahan yang mampu mendorong teman-teman, keluarga, serta orang terdekat di sekitar, lewat ide-ide dalam menciptakan lingkungan bersih, sehat dan ramah," tandas Johny.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini