nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Operasi Kanker yang Canggih? Siapkan Uang Rp40 Miliar

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 10:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 26 481 2022854 ingin-operasi-kanker-yang-canggih-siapkan-uang-rp40-miliar-RduW0K2Ybi.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEMENTERIAN Kesehatan menghapuskan obat kanker usus besar dari daftar obat yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Meski demikian, banyaknya protes dari masyarakat membuat Menkes pun akhirnya mempertimbangkan ulang pembatasan tersebut.

Obat memang menjadi salah satu pengobatan kanker yang paling murah dan mudah. Meski demikian, tidak semua penyakit kanker bisa diobati hanya dengan obat, ada juga yang memerlukan operasi. Oleh karena itu, sebuah robot canggih pun diciptakan untuk membantu operasi kanker tersebut.

Robot canggih itu dinamai Da Vinci Xi, yang bisa diaplikasikan dengan kamera 3D. Siapapun yang ingin menggunakan teknologi robot itu harus merogoh kocek sekira 40 poundsterling atau setara Rp40 miliar.

Baca Juga: Hadir Tanpa Celana Dalam, Kendall Jenner Hebohkan Oscars Party

Dilaporkan Dailymail, orang yang berhasil menjalani operasi besar dengan robot Da Vinci Xi adalah Dean Walter (41). Dia merupakan mantan model kebugaran yang harus menjalani operasi kanker besar.

Operasi besar yang dilakukan di sekitar kandung kemih, prostat, rektum dan kolon. Karena dirinya divonis mengidap kanker dubur beberapa waktu lalu.

Seharusnya Walter menghabiskan waktu tiga minggu di rumah sakit sampai masa pemulihan, namun karena robot tersebut hanya butuh tindakan dan pemulihan selama 8 hari saja.

Baca Juga: Yuk, Intip Mewahnya Rumah Keluarga Beckham Seharga Rp12,8 Triliun, Sobat Missqueen Jangan Ngiler!

Robot itu punya empat lengan untuk memotong jaringan, menutup pembuluh darah dan mengambil gambar di dalam tubuh dengan kamera 3D. Meski sudah canggih, robot Da Vinci Xi dikendalikan oleh ahli bedah, dengan prosedur kerja selama 8 jam.

Meskipun menjalani radioterapi dan kemoterapi, kanker menyebar ke kelenjar getah bening di pelvisnya, sehingga memaksa ahli bedah untuk mengangkat semua organ di bagian bawah perutnya untuk menghilangkan penyakit itu.

Spesialis Kolorektal dari Royal Marsden Hospital di London, Shahnawaz Rasheed, menjelaskan, robot tersebut sangat membantu ahli bedah dalam mematikan sel kanker. Masa pemulihannya pun lebih cepat dibandingkan dengan bedah konvensional.

"Walter lebih cepat pulih dibandingkan dengan orang-orang yang menjalani operasi lain. Robot ini canggih dan bisa memeriksa detail sel kanker di dalam organ," ujar Rasheed.

Rasheed mengendalikan robot untuk mengangkat rektum dan bagian dari usus besar. Kemudian Pardeep Kumar seorang ahli urologi mengekstraksi prostat dan kandung kemih.

Menurut situs Intuitive Surgical, pembuat robot itu, da Vinci Xi dioptimalkan untuk operasi kuadran empat yang kompleks, menampilkan akses anatomi revolusioner, visi 3DHD yang jernih, dan platform yang dirancang untuk mengintegrasikan inovasi masa depan dengan mulus. Keren banget ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini