nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susah Tidur saat Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya

Rahma Yulita, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 12:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 27 481 2023392 susah-tidur-saat-menstruasi-begini-cara-mengatasinya-Fn4Xtyk2IB.jpg Begini cara ampuh atasi susah tidur karena menstruasi (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH Anda merasa frustrasi saat sedang menstruasi karena rasa sakit yang tidak tertahankan? Bahkan, rasa sakit yang Anda rasakan itu membuat Anda tidak bisa tidur? Setiap wanita mungkin pernah merasakannya. Beberapa orang bisa menikmati tidur dengan nyenyak saat menstruasi, namun beberapa orang lagi merasa tidur saat menstruasi seperti ada di series American Horror Story versi sendiri.

Menstruasi pasti terjadi kepada setiap wanita setiap bulannya. Saat kedatangan ‘bulan’ ini, biasanya wanita menjadi lebih sensitif karena rasa sakit yang menemani mereka kadang tidak tertahankan. Hal ini menyebabkan para wanita sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, karena perut terasa terkoyak-koyak.

Apa pun itu, jangan khawatir, ladies! Ada kabar baik untuk kalian yang sering mengalami susah tidur karena menstruasi. Ternyata, ada posisi tidur yang dapat membantu tidurmu jadi lebih berkualitas dan tentunya, nyenyak.

 BACA JUGA : Datangi Akad Nikah Syahrini-Reino, Begini Tampilan Cantik Maia Estianty di Masjid Camii Jepang

Bagaimana caranya? Seperti yang dilansir dari TeenVogue, Rabu (27/2/2019) Dr. Lisa Mindley, MD, berkata kepada majalah Glamour bahwa, “Tidur dalam posisi rahim mengambil tekanan dari otot-otot perut, akan menyebabkan rangka di sekitar perut menjadi rileks.”

 

Tidur dalam posisi janin yaitu keadaan tidur dimana kedua kaki saling ditekan ke arah perut dengan posisi menyamping. Seperti posisi saat janin masih berada di dalam perut sang ibu.

Pada dasarnya, semakin sedikit ketegangan yang ada pada perut Anda, maka semakin sedikit juga rasa sakit dan kram yang akan Anda alami. Jennifer Wider, MD, sependapat dengan hal tersebut dan mengatakan, “Banyak wanita yang melaporkan bahwa posisi janin dapat membantu meringankan kram.”

Tapi ini belum selesai. Tidur dengan posisi menekan janin juga dapat membantu mencegah kebocoran! Menurut penelitian yang dilakukan oleh aplikasi pelacakan menstruasi, tidur dalam posisi janin akan mengurangi risiko kebocoran, walaupun saat darah yang keluar lagi deras-derasnya.

Bagaimana jika tidak suka tidur dengan posisi menyamping seperti itu? Ya, itu juga tidak apa-apa. Tetapi jika Anda khawatir tentang kebocoran, cobalah untuk menghindari tidur dengan posisi telungkup. “Berbaring dengan posisi perut di bawah akan menekan perut Anda, yang menyebabkan lebih banyak darah keluar,” jelas Dr. Wilder.

 BACA JUGA : 5 Foto Kegalauan Luna Maya, Detik-Detik Reino Barack Persunting Syahrini Jadi Istri

Jadi, jika Anda rentan terhadap kebocoran, dan tidak suka mengotori seprai Anda saat sedang menstruasi, tetaplah tidur menghadap samping dalam posisi janin!

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini