Terdapat Lebih dari 7.000 Penyakit Langka, Waspadai Ciri-cirinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 27 481 2023584 terdapat-lebih-dari-7000-penyakit-langka-waspadai-ciri-cirinya-zhax4PcdDt.jpg Ilustrasi (Foto: GHS)

MENYAMBUT Hari Penyakit Langka Sedunia yang jatuh pada 28 Februari 2019, ada baiknya masyarakat mengenal ciri-ciri penyakit ini lebih dalam. Ya, meski terbilang langka, namun siapapun berpotensi mengalami penyakit ini.

Langkanya masyarakat yang menderita penyakit ini membuat seseorang membutuhkan perawatan dan obat-obatan khusus. Oleh sebab itu, ada baiknya masyarakat lebih waspada dan segera memeriksakan kesehatan begitu merasakan ada hal yang aneh.

Dokter bagian Nutrisi dan Penyakit Metabolik RSCM, Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA (K), menjelaskan bahwa gejala penyakit langka pun beragam. Ada lebih dari 7000 penyakit langka dengan efek yang berbeda pada setiap penderitanya.

 Baca Juga: Susah Tidur saat Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya

“Ada lebih dari 7000 penyakit langka dengan gejala yang berbeda. Gejala yang muncul seringkali menyerupai penyakit lain, hingga menyulitkan diagnosis awal sehingga menimbulkan kesalahan diagnosis dan perawatan,” tutur dr Damayanti, kepada Okezone, Rabu (27/2/2019).

 

Dokter Damayanti mengatakan bahwa tidak semua penyakit langka bisa disembuhkan. Hanya sekira 5 persen penyakit langka bisa tertolong dengan menjalani terapi. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah dengan metode perawatan yang tepat untuk memperpanjang hidup sang penderita.

“Cuma 5 persen penyakit langka yang telah memiliki terapi. Selain itu, perawatan medis yang tepat juga bisa memperpanjang harapan hidup sang penderita. Orphan Drugs dan Orphan Food adalah produk medis yang digunakan untuk diagnosis, pencegahan dan perawatan penyakit langka,” lanjutnya.

 Baca Juga: 5 Teknik Pijat Ampuh Redakan Migrain, Gak Perlu Keluar Duit

Tentunya masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan Orphan Drugs dan Orphan Food. Secara garis besar, barang-barang ini dikhususkan bagi para penderita penyakit langka. Makanan ini juga tidak dipasarkan secara normal karena tidak semua orang bisa mengonsumsinya.

“Para penderita penyakit langka masih memiliki kesempatan untuk sembuh dengan menggunakan Orphan Drugs and Food. Namun hal ini sulit dipasarkan, karena hanya ditunjukkan untuk beberapa pasien yang mengalami penyakit langka,” tutupnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini