nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjajal Wisata ala Kapal Pesiar Mini di Jakarta, Buatan Anak Negeri Loh!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 11:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 27 612 2023409 menjajal-wisata-ala-kapal-pesiar-mini-di-jakarta-buatan-anak-negeri-loh-SUx1x9agVl.jpg Kapal Pinisi. (Foto: Okezone)

SEBAGAI negara kepulauan, sebenarnya kelautan Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Sayangnya, masih belum banyak wisata air keren di Indonesia, terutama di Jakarta.

Tapi jangan salah, sebenarnya Jakarta juga bisa menjadi tempat wisata air loh. Buktinya, ada kapal pinisi yang bisa menjadi alternatif pilihan wisata kelas atas. Dengan kapal ini, bukan hanya bisa menikmati sensasi perjalanan air tapi tentunya berkelas. Tapi, tahukah Anda kalau kapal ini dibuat oleh anak bangsa?

Adalah Kunal Topandasani yang membuat kapal pinisi pertama yang berlabuh di Jakarta tersebut. Pada Okezone, Kunal menceritakan alasan dia sangat berani untuk meletakkan kapal pinisi di perairan Jakarta.

Baca Juga: 5 Foto Kegalauan Luna Maya, Detik-Detik Reino Barack Persunting Syahrini Jadi Istri

"Saya masih ingat betul pernyataan Pak Jokowi, dia bilang wisata air kita masih kurang, padahal kalau dibandingkan dengan negara luar, alam kita (Indonesia, Red) lebih bagus. Setelah itu, saya langsung membuat ide untuk membuat kapal pinisi khas Indonesia dan ini juga dilakukan untuk mengimplementasikan keinginan pemerintah," terangnya saat diwawancarai di dalam kapal pinisi De Kartini.

Kunal menjelaskan, untuk bisa membuat kapal itu dibutuhkan waktu satu setengah tahun. Pembuatannya pun dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan. Dia menegaskan, semua yang terlibat dalam pembuatan kapal pinisi De Kartini adalah anak bangsa, mulai dari design hingga pembuatan kapal secara kasar.

"Kapal pinisi De Kartini kita semua yang buat, saya yang bikin design kapalnya. Tapi, untuk urusan interior, saya dibantu sama Ibu Lexi dan Bapak Lucas," sambungnya.

Nah, karena namanya De Kartini, maka Kunal ingin kapal pinisi tersebut seperti rumah Kartini. Hal ini bisa diketahui dari penamaan ruang yang ada di kapal tersebut. Untuk lantai dasar, dinamakan Ruangan Jepara, lantai dua Ruang 12 April, dan deck kapal dinamakan Habis Gelap Terbit Terang (HGTT).

Penamaan ruang seperti itu menurut Kunal sangat menarik khususnya untuk milenial. Sebab, mereka itu mesti tahu siapa pahlawan negaranya dan dengan cara seperti itu, diharapkan setidaknya bisa mengenalkan Kartini.

Baca Juga: Datangi Akad Nikah Syahrini-Reino, Begini Tampilan Cantik Maia Estianty di Masjid Camii Jepang


Tidak hanya De Kartini, kapal pinisi yang dibuat Kunal juga ada dua lainnya. Untuk kapal yang berukuran besar sama seperti De Kartini, nama kapal lainnya adalah De Sartika, sedangkan kapal yang lebih kecil dinamakan Samakamu.

"Untuk ukuran kapal sendiri, De Kartini ini memiliki panjang kapal 38 meter dengan lebar 8 meter. Kalau ngomongin kapasitas, kapal ini bisa menampung hingga 150 orang. Harga? Di kisaran angka Rp1,1 juta untuk trip ke Pulau Pari, Kepulauan Seribu," paparnya detail.

Nah, bicara mengenai ada fasilitas apa saja di kapal tersebut, Kunal menjelaskan kapal pinisi khas Indonesia ini memiliki Musala di bagian bawah kapal, dapur, dan tentunya ruang VIP yang kualitasnya nggak bisa diragukan.

Dia juga menambahkan, kapal pinisi ini adalah warisan bangsa Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi dirinya secara pribadi bisa membuat kapal tersebut dan dilayangkan di perairan Indonesia. Maka dari itu, di De Kartini juga dilebarkan layar I (Love) JKT sebagai bentuk identitas dari kapal itu sendiri.

"Jadi, saat turis asing atau wisatawan lokal melihat kapal pinisi ini, mereka tahu kalau kapal tersebut adalah milik Indonesia dan beredar di perairan Jakarta, tidak hanya di Labuan Bajo. Sensasinya? Sama-sama seru!" tambahnya dengan semangat.

Sedikit informasi, kapal pinisi ini sudah bisa dinikmati pencinta wisata air luxury pada awal Maret 2019. So, sudah siap membelah lautan Jakarta dengan kapal pinisi buatan anak bangsa?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini