nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Perempuan Muda 'Jual Diri', Gimana Nasib Generasi Bangsa?

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 05:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 27 612 2023710 banyak-perempuan-jual-tubuh-demi-penuhi-kebutuhan-gimana-nasib-generasi-bangsa-52yLKlCVTZ.jpg Ilustrasi (Foto: Theowlcampus)

Beberapa waktu lalu kasus prostitusi online yang menyeret nama artis Vanessa Angel sempat membuat heboh masyarakat. Belum usai kasus tersebut diperbincangkan, muncul kasus baru yang tak kalah mencuri perhatian. Fela gadis asal Indonesia rela menjual keperawanannya seharga Rp19 miliar di sebuah situs lelang asing Cinderella Escort.

Sebagian besar alasan yang mendasari keputusan tersebut adalah hanya semata untuk memenuhi kebutuhan hidup. Rata-rata mereka punya banyak kebutuhan akan tetapi memiliki keterbatasan dana. Supaya dapat memenuhi kebutuhan tersebut, kebanyakan memilih cara instan dengan cara ‘menjual’ tubuhnya.

Melihat kasus ini, tentu tak sedikit orangtua yang merasa khawatir bila anak perempuannya berlaku demikian. Sebab, tereksposnya kasus dan melimpahnya informasi di internet yang tidak benar dapat menjerumuskan anak-anak. Oleh karenanya, orangtua perlu melakukan pendampingan serta menanamkan nilai-nilai kehidupan positif dan moral yang berlaku di masyarakat.

Di sisi lain, kasus yang terjadi pada Vanessa Angel maupun Fela dapat membawa dampak buruk bagi generasi ke depan. Hal ini diakui oleh psikolog Meity Arianty, STP., M.Psi. “Perilaku ini tentu sangat disesali karena seharusnya di usianya mereka melakukan hal yang bermanfaat seperti sekolah, kuliah, serta mencari pekerjaan yang menggunakan otak dan ketrampilan,” ujarnya melalui pesan tertulis kepada Okezone, Rabu 27 Februari 2019.

ilustrasi

Menurut Meity, generasi muda seperti keduanya merupakan ujung tombak dari suatu negara. Maka apabila generasi muda hancur maka negara juga akan hancur.

“Coba bayangkan apabila generasi muda sekarang ini berpikir dan bertindak seperti yang dilakukan keduanya? Mereka melakukan perilaku menyimpang, salah satunya perempuan banyak terjebak dan jatuh dalam pelacuran untuk ‘menjual’ tubuhnya. Padahal perempuan akan menjadi ibu dari anak-anaknya kelak,” tutur Meity.

Seorang ibu seharusnya memberi contoh dan perilaku yang baik kepada anak-anaknya. Namun, apabila dari ibu saja sudah melakukan perilaku menyimpang, maka besar kemungkinan anak-anaknya juga melakukan hal yang sama.

“Lantas, apa yang bisa diharapkan? Mereka tidak dapat melakukan hal baik dan positif buat dirinya sendiri dan negaranya. Sudah pasti akan merusak generasi ke depan,” pungkas Meity. (hel)

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini