nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Bagian Terkotor di Dapur, Rentan Terkontaminasi Bakteri!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 02:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 28 298 2024190 ternyata-ini-bagian-terkotor-di-dapur-rentan-terkontaminasi-bakteri-uKJxpmB8VX.jpg Talenan menyimpan banyak bakteri (Foto:Ist)

MENJAGA kesehatan tubuh bisa diawali dengan memperhatikan kebersihan dapur di rumah. Nah, dari sekian banyak peralatan yang digunakan sehari-hari, tahukah Anda benda apakah yang paling mudah terkontaminasi kuman atau bakteri penyakit?

Jawabannya ternyata bukan pisau atau bagian dalam wastafel yang digunakan untuk mencuci piring, melainkan talenan. Jika tidak segera dicuci atau dibersihkan setelah digunakan, talenan bisa membawa mala petaka bagi Anda dan keluarga.

Ada beberapa faktor sederhana yang memungkingkan hal tersebut terjadi. Pertama, talenan sering digunakan untuk memotong bahan makanan mentah seperti daging ayam atau daging sapi. Sayangnya, sebagian orang cenderung enggan mencuci benda tersebut dan langsung menggunakanya untuk memotong bahan makanan lain.

Padahal, daging mentah merupakan salah satu bahan makanan yang membawa banyak bakteri penyakit dan dapat menyebabkan keracunan makanan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar teliti ketika hendak mengolah bahan makanan yang satu ini, terutama saat memotongnya.

Baca Juga:

Intip Gaya Kece Rismahani Pacarnya Witan Sulaiman, Gelandang Timnas U-22 Indonesia

Pergoki Selingkuh, Istri Ikat Suami dan Pelakor di Pohon dalam Kondisi Bugil

Selain itu, talenan juga bisa menjadi usang seiring dengan berjalannya waktu. Ketika Anda menggunakan pisau tajam untuk memomotong bahan makanan, talenan biasanya akan ikut terpotong dan menyisakan celah-celah pada permukaannya.

Menurut laporan U.S. Food Safety and Inspection Service, sangat penting untuk mengganti talenan sebelum mengalami kerusakan. Alasannya, karena celah-celah di permukaan talenan itu bisa menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak, dan cenderung sulit untuk dibersihkan.

Alhasil, akan banyak paparan bakteri patogen seperti E.coli, salmonella dan bakteri lain yang memicu terjadinya keracunan makanan.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada cara sederhana untuk membersihkan talenan agar terhindar dari bakteri penyakit. Misalnya dengan menggunakan pemutih untuk membersihkan permukaan setelah talenan selesai digunakan. Bisa juga dengan merendam dalam larutan pemutih untuk mendapatkan hasil yang lebih merata.

Perlu diingat juga bahwa Anda harus mengganti benda ini secara berkala. Jangan tunggu sampai talenan benar-benar rusak. Gantilah sekiranya jika talenan sudah terlihat 'aus' atau menipis. Demikian dilansir Okezone dari The Daily Meal, Jumat (1/3/2019).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini