Belajar dari Menteri Susi, Benarkah Membaca Lebih Penting dari Sekolah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 28 612 2023930 belajar-dari-menteri-susi-benarkah-membaca-lebih-penting-dari-sekolah-VwJzNGiBfm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SOSOK Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selalu menyita perhatian. Baru saja kemarin dia membuat heboh dengan tampilan centilnya menggunakan tas plastik dan bergaya sangat feminin. Tampilannya itu benar-benar sangat berbeda dari biasanya.

Ditemui langsung Okezone di pameran buku Big Bad Wolf 2019, Susi juga ternyata pribadi yang gemar membaca buku. Bahkan, dia mengaku bisa sepintar sekarang ini karena rutin membaca buku. Itu yang membuat dia menginginkan semua masyarakat Indonesia mau membaca buku.

"Saya menyarankan untuk generasi muda, setidaknya membaca satu buku setiap harinya. Ini penting agar wawasan dan ide kalian semua bisa lebih luas dan bisa menjadi anak yang berkualitas," katanya pada awak media di pembukaan pameran Big Bad Wolf 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (28/2/2019).

Baca Juga: 6 Gaya Rambut Fenomenal Syahrini, Nomor 5 yang Bikin Reino Barack Kepincut?

Menurut Menteri Susi, dirinya bisa sepintar sekarang karena rajin membaca. Sekalipun dia mengaku kalau dirinya tidak menamatkan sekolah, tapi dengan rajin membaca, banyak ilmu yang bisa dia dapatkan bahkan bisa mempelajari pola pikir orang-orang besar.

"Masalah sekolah jangan tiru saya, tapi kalau suka bacanya harus diikuti. Kalau kalian sekolah dan rajin membaca, saya yakin kalian bisa lebih hebat dari seorang Susi Pudjiastuti," katanya lantas tersenyum lebar.

Menteri Susi juga punya pandangan tersendiri mengenai membaca buku. Baginya, membaca buku itu adalah berkah, karena Anda membuka lembaran dunia. Tak sedikit mungkin dari Anda yang tidak punya kesempatan untuk berkeliling dunia atau mengetahui kota lain di Indonesia. Nah, dengan membaca, hal itu bisa didapatkan.

Baca Juga: Mengenal Kakak Kandung Reino Barack yang Menikah dengan Sutradara Gareth Evans


"Dengan membaca, wawasan Anda bisa jadi luas dan ini membuat Anda tidak kalah dengan orang-orang yang memang pernah keliling dunia," singkatnya.

Selain itu, membaca buku juga diakui Menteri Susi memberi manfaat untuk berpikir lebih logis. Ini karena pengetahuan yang diterima banyak dan luas. Cara berpikir jadi lebih terbuka dan ini bisa membuat Anda hebat.

Bicara mengenai buku, berarti juga bicara mengenai literasi. Menteri Susi menambahkan, literasi itu membedakan level kemajuan negara dan bangsanya. "Dengan literasi yang baik, maka bangsa dan negara bisa hebat dan saya sangat yakin Indonesia bisa menjadi bangsa dan negara yang hebat itu," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini