nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Kehidupan Seks dan Asmara Pasangan Melalui Bentuk Wajah

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Sabtu 02 Maret 2019 20:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 01 196 2024447 cek-kehidupan-seks-dan-asmara-pasangan-melalui-bentuk-wajah-2j2471jzxr.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BAIK wanita maupun pria, pasti ingin memiliki pasangan sejati yang setia. Perselingkuhan sudah menjadi masalah umum yang dialami untuk suatu pasangan, tapi apakah Anda tahu kalau bentuk wajah Anda dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian?

Melansir forbes, Sabtu (2/3/2019), dalam sebuah penelitian secara konsisten menemukan bahwa pria dengan wajah lebih pendek dan lebih lebar terkesan lebih agresif, lebih berprasangka, lebih mungkin menipu orang lain, lebih dominan, dan lebih terdorong untuk sukses dibandingkan pria dengan wajah yang lebih panjang dan lebih sempit. Selanjutnya, orang lain yang memahami isyarat wajah, menganggap pria dan wanita berwajah lebar lebih maskulin, dominan, dan mengancam.

 Baca Juga: Sering Ambil Cuti Ternyata Bisa Memperpanjang Usia, Jangan kerja Terus Makanya!

Mengapa semua ciri kepribadian termasuk kesetiaan ini berkaitan dengan fitur wajah yang juga dikenal rasio wajah atau facial width-to-height ratio (FWHR)? Karena mereka semua dipengaruhi, setidaknya sebagian, oleh paparan efek maskulin testosteron. Studi di Kanada baru menemukan bahwa FHWR juga terkait dengan beberapa aspek psikologi seksual seseorang (dorongan seks, seks bebas dan perselingkuhan), yang juga dipengaruhi oleh testosteron.

Analisis hipotesis para peneliti, pria dan wanita berwajah lebih lebar memiliki dorongan seks yang lebih tinggi daripada pasangan mereka dengan wajah yang lebih sempit. Studi kedua ini juga menanyakan peserta tentang keinginan mereka dan pengalaman dengan hubungan biasa dan pemikiran mengenai perselingkuhan di masa depan kepada pasangan.

Laki-laki dengan bentuk wajah lebih tinggi memiliki keterbukaan yang lebih besar terhadap hubungan dan kemungkinan yang lebih tinggi bahwa mereka tidak setia kepada pasangan dibandingkan dengan mereka yang berwajah sempit. Adanya kecenderungan untuk seks bebas atau perselingkuhan tidak ditemukan untuk wanita dalam studi ini.

 Baca Juga: Cerita Raden Sirait Raih Penghargaan karena Memadukan Kain Tradisional Dalam Fashion Kekinian

Bersama dengan penelitian sebelumnya, penelitian ini menunjukkan bahwa rasio wajah dan kemampuan kita untuk memahami dan menafsirkannya dapat menjadi bagian dari sistem yang berevolusi dari masa lalu untuk membantu kita mencari tahu siapa yang mungkin berbahaya atau aman, dapat dipercaya, dan setia atau tukang selingkuh.

Kita juga harus ingat bahwa walaupun ada korelasi positif antara rasio wajah dengan kepribadian dan sifat seksual ini, korelasi ini masih jauh dari sempurna. Tidak setiap orang dengan wajah lebar dan pendek cenderung melakukan kekerasan, selingkuh, berhubungan seks, atau menginginkan seks beberapa kali sehari. Menyadari bias persepsi kita adalah langkah pertama yang penting dalam mengoreksi kecenderungan kita untuk membuat stereotip seseorang berdasarkan bentuk wajah mereka.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini