nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Cium Bau Tak Sedap, Hidung Pria Ini Ternyata Ditumbuhi Gigi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 18:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 01 481 2024630 sering-cium-bau-tak-sedap-hidung-pria-ini-ternyata-ditumbuhi-gigi-mzRe5QbbCd.jpg Ilustrasi (Foto: Shutt)

Pernahkah Anda merasa kehilangan indera penciuman selain saat sedang terkena flu atau virus influenza? Baru-baru ini, seorang pria asal Denmark mengalami sebuah kejadian langka mencium aroma tak sedap di sekitarnya.

Selidik punya selidik, hal ini bukan karena tumpukan sampah atau kotoran yang ada di sekitarnya, melainkan hidung pria itu ternyata ditumbuhi gigi.

Aneh tapi nyata. Tapi fenomena langka tersebut memang benar-benar terjadi dan telah dipublikasikan dalam jurnal BMJ. Kejadian ini bermula ketika pria yang tidak disebutkan identitasnya tersebut menyambangi departemen telinga, hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Universitas Aarhus di Denmark.

 Baca Juga: 2 dari 5 Milenial Alami Gigi Sensitif, Ini Penyebabnya

Alasannya, karena obat steroid yang ia konsumsi untuk mengatasi hidung tersumbat tak berhasil mengembalikan fungsi indera penciumannya. Setelah dilakukan pemeriksaan, para dokter menemukan adanya massa enamel gigi yang tertutup lendir di dinding rongga hidung pria tersebut. Beruntung, gigi itu bisa dicabut dengan alat penjepit.

 

Dokter pun merasa bingung mengapa hal itu bisa terjadi. Namun, jika dilihat dari sejarah kesehatan, fenomena gigi tumbuh dalam hidung memang pernah ditemukan.

Dalam laporannya, para dokter di Aarhus University mengatakan bahwa trauma atau infeksi di masa lalu seperti kasus bibir sumbing memang dapat mendorong gigi ke rongga hidung.

 Baca Juga: Gadis Ini Terbangun dari Koma Usai Mendengar Lagu dari Idolanya

"Dalam kasus kami tidak ada penjelasan yang jelas mengapa hal itu bisa terjadi," ujar dokter dalam laporan kasus di jurnal BMJ, sebagaimana dilansir Okezone dari New York Post, Jumat (1/3/2019).

Sang pasien juga mengakui bahwa sebelumnya ia pernah mengalami patah rahang dan hidung di masa muda. Namun para dokter mengklaim, cedera itu tidak menyebabkan gigi tumbuh di lubang hidungnya.

"Kemungkinan pria itu memiliki gigi di hidungnya dari lahir dan hanya mengalami gejala ketika daerah tersebut meradang," tukas dokter.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini