nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Kelapa Muda Ganjar Pranowo Pakai Glonggong, Kurangi Limbah Plastik!

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Sabtu 02 Maret 2019 21:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 02 298 2025048 minum-kelapa-muda-ganjar-pranowo-pakai-glonggong-kurangi-limbah-plastik-wMSuisfwTO.jpg Ganjar Pranowo pakai sedotan non plastik minum kelapa muda (Foto:Ig)

SAAT Ganjar Pranowo pergi ke kota Demak, Jawa tengah, ia disuguhi degan (kelapa muda), masih utuh dengan kulit dan batok kelapanya. Cara meminumnya pun memakai pelepah pepaya atau biasa disebut glonggong. Hal ini kemudian menginspirasi Gubernur Jawa Tengah itu untuk meninggalkan sedotan plastik.

“Nah minum degan dengan sedotannya pelepah pepaya, glonggong, apa tugas glonggong? Tugasnya ngeglonggong, glonggong ini mengurangi plastik, tidak menggunakan plastik, dibuang dan bisa busuk, sangat kreatif ya,” kata Ganjar Pranowo seperti dalam video yang diunggah di akun instagramnya (@ganjar_pranowo), Sabtu (2/3/2019).

Selain mengurangi sampah plastik, sedotan pelepah pepaya juga bisa mengobati penyakit amandel. Minum dengan sedotan pelepah pepaya yang baru dibuat, tidak dicuci getahnya untuk menyembuhkan sakit amandel.

Menurut Ganjar Pranowo, pelepah pepaya ini sangat efektif dan kreatif ketimbang sedotan plastik. Walaupun menjadi sampah juga nantinya, tapi sedotan berbahan plastik tidak akan terurai dengan cepat. Karena sampah plastik membutuhkan waktu 200 tahun untuk terurai. Penggunaan sedotan plastik sangat masif. Pembuatannya membutuhkan hanya 10 menit sementara pemakaiannya  kurang lebih 20 menit, jika dibuangpun akan mengendap di tanah, yang menimbulkan pencemaran.

Ganjar mengingatkan masyarakat untuk mulai membantu memusnahkan sedotan plastik. Ini juga untuk mencegah penyakit yang bisa ditimbulkan dari bahan plastik. Sementara glonggong (pelepah pepaya) sangat keren dan efektif, makin membuat nikmat ketika menyeruput minuman, misalnya    menikmati degan di siang hari seperti yang Ganjar lakukan.

Ia mengaku juga begitu senang dengan ide yang bisa menjadi solusi mengurangi sampah plastik. Karena ini artinya juga bisa menjadi solusi menghindari banjir yang melanda sejumlah kota di Jawa Tengah.

Hal ini pun mendapatkan respons positif dari para netizen. Salah satunya, “Insyaallah tak nyoba minum dengan pakai sedotan Glonggong seperti @ganjar_pranowo.” kata pemilik akun @hello_cio_. Nah kalau kamu sudah mulai hijrah belum dari sedotan plastik ke sedotan non plastik?

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini