nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amankah Beli Kosmetik Share in Jar? Ini Bisa Jadi Pertimbangan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 02 Maret 2019 19:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 02 611 2024991 amankah-beli-kosmetik-share-in-jar-ini-bisa-jadi-pertimbangan-Ik1yRDutgo.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PENCINTA kosmetik semakin menjamur di Indonesia. Banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak uang untuk memenuhi hobi dan passionnya itu. Ya, selagi membuat bahagia, kenapa tidak?

Nah, kini banyak online shop yang menawarkan produk kosmetik dalam package yang lebih kecil atau biasa disebut dengan share in jar. Kemasan seperti ini dianggap sangat menguntungkan dan membuat beberapa orang yang penasaran dengan kosmetik tertentu bisa menjajalnya tanpa memikirkan budget.

Ya, keuntungan dari share in jar ini adalah Anda bisa mencoba kosmetik yang harganya mungkin sangat mahal tapi Anda belum bisa memastikan apakah itu cocok dengan kulit Anda atau tidak. Peluang ini yang kemudian dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menghasilkan uang.

 Baca Juga: Cari Jodoh Wanita Bergigi Renggang, Kamu Bakal Terancam Kaya dan Bahagia

Tapi, apakah Anda bisa menjamin kosmetik yang dipasarkan dengan konsep share in jar itu aman dan benar kosmetik yang dimaksud?

 

Dipaparkan Beauty Enthusiast Soraya Hylmi, dirinya dengan tegas merekomendasikan untuk tidak menjajal kosmetik yang dijual secara share in jar. Sebab, risiko akan kosmetik berkualitas rendah sangat tinggi Anda alami.

"Itu kan secara kasar Anda memindahkan kosmetik yang udah ada di tempatnya lalu dipindahkan ke tempat baru. Aku aja, kosmetik kebuka dikit langsung ngerasa berubah gitu kualitasnya, apalagi sampe dipindahin ke tempat yang tidak semestinya," kata Soraya saat diwawancarai Okezone di acara Beauty Talk with Purbasari di AEON Mall BSD, Sabtu (2/3/2019).

Soraya melanjutkan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan jika memang Anda ingin membeli kosmetik share in jar. Salah satu yang terpenting adalah keaslian kosmetik dan kesesuaian isi dengan brand yang ditawarkan. Hal semacam ini menurutnya tak bisa dipastikan kecuali Anda memang mengenali produknya.

Selain itu, hal seperti tekstur, warna, dan fungsi menurut Soraya bisa saja tidak sama dengan kosmetik aslinya. Kalau sudah begini, bukannya kecantikan wajah yang Anda dapatkan, bisa saja malah masalah yang Anda rasakan.

 Baca Juga: Terungkap Dekorasi Pernikahan Syahrini dan Reino Barack, Ini Wujudnya

"Ya, fungsi dari kosmetik itu bisa saja tidak lagi sama dengan aslinya dan kalau sudah begini, siapa yang bisa menjamin. Orang-orang malah kemudian nyalahin teknik make-up, padahal yang harusnya disalahkan adalah produk yang Anda gunakan," tegasnya.

 

Dia menambahkan, tidak salah untuk Anda membeli kosmetik share in jar, tapi ada baiknya untuk membeli kosmetik yang harganya lebih terjangkau tapi keasliannya bisa terjamin.

"Banyak kok produk kosmetik asli Indonesia yang kualitasnya baik dan harganya oke. Ya, kalau aku sih lebih pilih yang asli daripada yang share in jar," katanya.

Selain itu, Soraya juga menyarankan untuk membeli kosmetik travel size yang kini semakin banyak dikeluarkan brand kosmetik. Tentunya ini untuk meminimalisir risiko penggunaan kosmetik yang tidak jelas yang bisa saja malah membuat wajah Anda rusak bahkan menjadi sumber masalah serius seperti kanker. Tidak mau kan?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini