nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inikah Makna Sulaman Burung Bangau di Kebaya Lamaran Syahrini?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 04 194 2025730 inikah-makna-sulaman-burung-bangau-di-kebaya-lamaran-syahrini-H3LtaBTqtR.jpg Lamaran Syahrini dan Reino Barack (Foto: Instagram)

PROSESI akad nikah antara penyanyi cantik dan terkenal, Syahrini bersama dengan sosok pengusaha muda, tampan, dan sukses, Reino Barack walau telah usai digelar pada Rabu 27 Februari 2019 lalu, sampai detik ini masih menjadi sorotan publik.

Selain karena keduanya belum juga mengunggah foto resmi ketika prosesi akad, pernikahan keduanya juga masih banyak menyita perhatian publik sebab baik Syahrini maupun Reino kompak memberitakan pernikahan mereka dengan mengunggah foto dan video secara berkala di linimasa akun laman Instagram masing-masing per harinya.

Salah satu yang menjadi perhatian publik ialah perihal busana kebaya yang dikenakan oleh wanita kelahiran 1982 tersebut di dalam foto dan video prosesi lamaran yang telah diunggah pada Minggu 3 Maret 2019 dan juga hari ini, Senin 4 Maret 2019.

 BACA JUGA : Tiket Kereta H-4 Lebaran Ludes dalam Waktu 30 Menit! Sisanya Tinggal Rp800 Ribu-an

Busana kebaya yang dikenakan oleh Incess-begitu Syahrini akrab disapa, diketahui merupakan hasil karya rancangan dari desainer Danny Satriadi. Kebaya yang tampaknya memadukan kombinasi unsur budaya Sunda dan Jepang berwarna pale pink ini berhasil memukau banyak mata.

 

Tidak hanya cantik dan anggun, namun detail yang dihadirkan Danny sebagai desainer juga bisa dibilang begitu jenius. Sebagaimana hasil penelusuran Okezone, Senin (4/3/2019) di linimasa Instagram, terlihat Danny melalui akun laman Instagram resminya (dannysatriadi_official), memamerkan detail di bagian belakang busana kebaya Syahrini. Terlihat sebuah detail ukiran burung bangau warna putih dan pale pink menghiasi bagian punggung.

Sebetulnya apakah makna yang tersirat dalam penggunaan aksen burung bangau dalam kebaya Syahrini ini? Well, dikutip Asianlifestyledesign, dalam budaya Jepang, burung bangau sendiri disebutkan mempunyai makna sebagai national treasure.

Simbol dari umur panjang dan keberuntungan, maka dari itu sudah familier digunakan sebagai dekorasi dalam sebuah pernikahan. Contohnya disematkan pada busana kimono, baik kimono formal ataupun Uchikake, dekoratif kimono di mana gambar burung bangau ini lebih sering hadir dengan teknik disulam.

 BACA JUGA : 5 Potret Body Goals Gina Youbi, Bikin Cowok-Cowok Mau Lap Keringatnya!

Tidak hanya dalam kultur kebudayaan Jepang, arti yang sama juga berlaku dalam kultur kebudayaan di Cina. Di mana burung bangau adalah burung paling populer yang melambangkan umur panjang dan keberuntungan. Biasanya orang-orang Cina juga menyulam burung bangau pada pakaian, banyak digunakan di banyak lukisan kuno karena dimaknai sebagai kebahagiaan dan semangat yang tinggi.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini