nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Mengetahui Sahabat Sedang Dalam Masalah

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 23:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 04 196 2025789 4-cara-mengetahui-sahabat-sedang-dalam-masalah-1xytgowhuj.jpg Ini tanda tanda kalau sahabatmu lagi ada masalah (Foto: Unsplash)

TAK banyak orang yang bisa menceritakan masalah kehidupan pribadinya. Bahkan meskipun itu ke sahabat terdekat. Bila salah seorang teman Anda ada yang memiliki sifat demikian, Anda tidak bisa diam saja. Sebab tidak menutup kemungkinan dirinya sedang terbelenggu dalam masalah yang cukup pelik.

Ada 4 cara untuk mengenali teman sedang berada dalam masalah atau tidak. Simak ulasannya berikut ini seperti yang Okezone rangkum dari Your Tango, Senin (4/3/2019) :

 BACA JUGA : Tiket Kereta H-4 Lebaran Ludes dalam Waktu 30 Menit! Sisanya Tinggal Rp800 Ribu-an

1. Jarang menghubungi

Berkomunikasi setiap hari adalah hal yang lazim terjadi di antara sahabat. Akan tetapi, apabila sahabat tiba-tiba menghilang dan tidak menghubungi selama periode waktu tertentu, Anda patut curiga. Memang ada kalanya seseorang ingin menjauh dari kehidupan sosial. Tapi sebagai sahabat, Anda tentu dapat membedakan mana yang menjauh hanya karena butuh waktu sendiri, mana yang karena ada masalah.

Sahabat yang menjauh karena ada masalah biasanya mengurangi frekuensi berhubungan hingga hilang sama sekali. Mereka juga tidak menjawab komunikasi. Saat seperti ini, jangan bersikap konfrontatif karena dapat membuat sahabat semakin menjauh.

2. Perhatikan perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati dapat dikaitkan dengan depresi dan kecemasan. Pada orang muda, kondisi ini dapat membuat mereka tiba-tiba menangis meraung-raung atau tertawa terbahak-bahak pada sesuatu yang tidak begitu lucu. Perilaku ini bisa menandakan jika sahabat sedang dirundung masalah. Oleh karenanya, siapkan telinga dan tawarkan kepadanya Anda siap menjadi teman bercerita.

 

3. Pantau tingkat energi

Ketika seseorang berjuang dengan sesuatu, tingkat energinya akan melonjak. Dirinya mungkin menjadi lebih bersemangat dan larut dalam pekerjaan hingga tidak mengenal waktu. Meskipun terlihat positif, kondisi ini tetap harus mendapatkan perhatian. Mungkin saja mereka sengaja mengalihkan perhatian dari masalah yang sedang dihadapi.

 BACA JUGA : Inikah Makna Sulaman Burung Bangau di Kebaya Lamaran Syahrini?

4. Bertanya

Orang yang terjebak dalam masalah membutuhkan kehadiran teman lebih banyak daripada sebelumnya. Jangan takut untuk bertanya kepada sahabat tentang kondisinya, baik-baik saja atau tidak. Pancinglah dengan halus agar sahabat mau menceritakan masalah yang sedang dihadapinya. Bawalah pembicaraan dalam suasana santai agar sahabat dapat menjelaskan sesuatu yang salah tanpa merasa tertekan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini