nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan 5 Tips Ini agar Pendengaran Lebih Tajam

Ninis Putri Harahap, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 04 481 2025575 lakukan-5-tips-ini-agar-pendengaran-lebih-tajam-YPTSe8pDEI.jpg 5 Tips ini Bikin Pendengaranmu Makin Tajam (Foto: Mirror)

BAGI kamu yang pecinta musik, pasti sering banget mendengarkan lagu menggunakan headphone. Tapi asal kamu tahu, kalau terlalu sering mendengarkan lagu dengan menggunakan headphone bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Organisasi Kesehatan Dunia (The World Health Organisation) memperkirakan 375 juta orang mengalami cacat parah akibat kondisi ini. Tetapi di dunia kita yang semakin bising ini, WHO memperkirakan atau setengah dari semua orang yang berusia 12-35 tahun, berisiko kehilangan pendengaran.

Pakar Stephen Wheatley (63), mengatakan sangat penting untuk kita melindungi pendengaran namun lingkungan telah menjadi lebih berisik dalam 150 tahun terakhir, dari lalu lintas hingga ponsel.

"Ada pepatah terkenal yang berbunyi,‘ Jika kamu kehilangan penglihatan, kamu akan kehilangan kontak dengan berbagai hal, jika kamu kehilangan pendengaran, kamu kehilangan kontak dengan orang-orang.’" ujar Wheatley.

 BACA JUGA : 612 Pengantin Lakukan Resepsi Massal, Pecahkan Rekor Muri

Melansir Mirror, Senin (4/3/2019), Stephen memberikan saran untuk melindungi pendengaran kamu, seperti ini sarannya.

 

Perhatikan kebisingan

Suara adalah apa yang ingin kamu dengar, yang lainnya adalah kebisingan, seperti seseorang berbicara dengan keras atau suara lalu lintas di luar. Pendengaran bisa rusak secara permanen kalau kamu sering mendengarkan kebisingan. Kalau sudah rusak, susah untuk pulih.

Waspadai kebisingan di sekitar dan lindungi telinga kamu. Di lingkungan dengan kebisingan tinggi seperti gimnasium, atau pada transportasi umum, pertimbangkan untuk menggunakan pelindung telinga berbusa atau headphone peredam bising.

Waspadalah terhadap kebisingan angin

Ini bisa menyebabkan tinitus, suatu kondisi yang membuat penderita menderita dering permanen, bersenandung atau berdengung di telinga. Orang-orang seperti pengendara sepeda motor sangat berisiko akan hal ini. Gunakan penutup telinga khusus untuk mengurangi kebisingan angin.

 

Istirahatkan telinga kamu

Jika kamu terlalu banyak mendengar kebisingan, istirahatkanlah pendengaranmu. Duduklah di tempat yang sunyi dan baca buku, atau duduk di bagian yang lebih tenang di sebuah restoran.

Jangan sembarangan memasukan apa pun di telinga

Jangan mendorong apa pun di telinga kamu, karena kotoran telinga memiliki proses pembersihan alami. Menempelkan sesuatu di telinga akan mengompres kotoran dan tidak membuatnya menjadi longgar dan rapuh, justru akan memberi tekanan pada gendang telinga dan dapat mengurangi pendengaran kamu. Jika ada penumpukan kotoran yang signifikan yang memengaruhi pendengaran, temui dokter untuk memeriksanya.

 BACA JUGA : Tak Cuma Bikin Ngiler, Makan Es Krim Bisa Atasi Insomnia

Tidur dengan tenang

Pastikan tidak ada suara ketika kamu tidur dan jadikan lingkungan di sekitar setenang mungkin. Jika bisa, hilangkan semua sumber kebisingan. Jika kamu tidak dapat mengendalikannya, seperti lalu lintas, tidurlah dengan penyumbat telinga.

Stephen, bos aplikasi pencegahan gangguan pendengaran HearAngel, mengatakan selama sepuluh tahun terakhir, surat kabar online, game, video, dan musik semuanya membutuhkan headphone.

“Ada beberapa alat untuk membantu kamu mengelola paparan suara ysng keras. HearAngel memonitor bagaimana kamu mendengarkan, dan memperingatkan kamu ketika berada dalam bahaya suara yang berlebihan. Serta memonitor pendengaran anak-anak dan kamu dapat memilih untuk mengatur level dan durasi pendengaran mereka. " imbuhnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini